Minggu, Mei 26, 2024

5 Julukan Kabupaten Ciamis yang Wajib Diketahui Milenial

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setiap daerah memiliki julukan yang menunjukan berbagai faktor kondisi sosial masyarakat, kondisi wilayah. Begitu juga dengan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang memiliki sejumlah julukan yang belum banyak orang terutama milenial mengetahuinya.

Berikut 5 julukan Kabupaten Ciamis menurut Dinas Pariwisata Ciamis dan penjelasannya.

Kota Pensiun

Kepala Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia menjelaskan julukan Kota Pensiun kepada Ciamis itu muncul sekitar tahun 1980-an. Ketika itu pembangunan Ciamis belum masif, sehingga kondisinya sangat sunyi dan sepi. Bahkan pada waktu itu Alun-alun pun belum dibangun seperti sekarang ini.

Kemudian banyak warga Ciamis yang menjadi pejabat di berbagai daerah, baik di Jawa Barat maupun di provinsi lain. Mereka biasanya menetap di tempat tugasnya. Namun ketika memasuki masa pensiun, mereka akan kembali ke Ciamis untuk menikmati masa tua.

Kota Galendo

Sudah terkenal bahwa kudapan Galendo yang terbuat dari ampas minyak kelapa ini merupakan makanan khas Ciamis. Sebagai bukti orang sudah datang ke Ciamis yakni membawa oleh-oleh Galendo.

Galendo di Ciamis sudah ada cukup lama. Itu ketika Bupati Galuh RAA Kusumandiningrat (1839-1886) memiliki kebijakan setiap pengantin wajib menanam pohon kelapa. Alhasil, hasil kelapa di Ciamis pun melimpah.

Kemudian berdiri industri minyak kelapa yang cukup masif di Ciamis, baik besar maupun skala rumah tangga. Ampas minyak kelapa itu ternyata enak dimakan dan diberi nama Galendo.

Kota Karuhun

Ciamis juga sebagai Kota Karuhun. Hal itu tidak terlepas dari sejarah panjang Ciamis dan Galuh. Banyak warga Ciamis yang merantau ke berbagai daerah di Indonesia sejak dulu hingga menetap di perantauan hingga beberapa generasi.

Namun ketika ditanya, mereka tetap menyebut Karuhun atau asal muasalnya dari Ciamis. Jadi banyak orang Ciamis yang merantau ke luar daerah karena dulu Ciamis sudah ada jadi kampung tua.

Ciamis Kota Manis

Munculnya julukan Kota Manis ini ada di era kepemimpinan Bupati Ciamis Dedem Ruchlia (1993-1998). Ketika itu, ia memiliki selogan Ciamis Manis yang artinya Menawan Asri Nyaman Indah Sehat.

Bukan tanpa alasan, selogan itu juga menggambarkan kondisi warga Ciamis terutama kaum perempuan yang manis dan Cantik. Bukan hanya cantik secara fisik, namun juga cantik secara perilaku.

Kota Seribu Situs

Kini Ciamis juga punya julukan terbaru, yakni sebagai Kota Seribu Situs. Disbudpora Ciamis baru-baru ini telah melakukan inventarisir dan pendataan peninggalan zaman dulu berupa situs di berbagai titik. Hasilnya ada 1200 lebih situs yang sudah tercatat. Bahkan Pemkab Ciamis masih terus melakukan penelusuran situs. (CN/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya