Minggu, Mei 19, 2024

Pegawai Positif Covid-19 di Samsat Ciamis Jadi 53 Orang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jumlah pegawai dan pedagang yang positif Covid-19 di Samsat Ciamis bertambah. Hingga Jumat (19/2/2021) jumlahnya menjadi 53 orang.

Berdasarkan hasil PCR pada Rabu (17/2/2021) penambahan kasus tersebut bisa disebut klaster perkantoran.

“Penambahan jumlah ini berasal dari pegawai dan pedagang di sekitar kantor Samsat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Ciamis, Yoyo.

Kata Yoyo temuan klaster perkantoran ini berawal dari seorang pegawai yang reaktif saat dilakukan Rapid Test Antigen.

“Hasil Rapid tersebut kita tindaklanjuti dengan tes PCR. Dan hasilnya positif Covid-19,” jelasnya.

Yoyo menuturkan pihaknya kemudian melaksanakan penelusuran kontak (tracking) terhadap puluhan pegawai Samsat Ciamis. Tidak hanya itu, pedagang kantin di sekitar Samsat Ciamis juga tidak luput dari pengecekan.

“Hasil tracking tersebut 53 orang positif Covid-19. Awalnya 38 dan hari ini bertambah 15 orang,” kata Yoyo.

Meskipun demikian ungkap Yoyo puluhan pegawai yang positif Covid-19 tidak mengalami gejala. Sehingga bisa menjalani isolasi mandiri.

“Hanya 8 orang yang menjalani isolasi di Asrama Haji Islamic Center. Karena tidak memenuhi persyaratan untuk isolasi mandiri di rumah,” imbuhnya.

Untuk meminimalisir penularan Covid-19, Yoyo menghimbau agar melaksanakan protokol kesehatan. Terlebih pelayan publik salah satu kelompok rentan terkena Covid-19.

“Disiplin menjalankan Protokol kesehatan wajib diterapkan di tempat kerja. Selain itu ikhtiar dengan 5M memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitasi serta 3T testing, tracing dan treatment dan vaksinasi,” papar Yoyo.

Pelayanan Samsat Ciamis Masih Berjalan

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo mengatakan akibat klaster perkantoran Samsat Ciamis tutup sementara.

“Kita akan lakukan penyemprotan desinfektan dan sterilisasi. Kantor Samsat akan beroperasi kembali Senin (22/2/2021),” ucapnya.

Meski demikian lanjut Bowo masyarakat tetap dapat melakukan pembayaran pajak dengan menggunakan fasilitas lainnya.

“Kita maksimalkan Samsat Bantuan untuk pelayanan pembayaran pajak, diantaranya mobil Samsat keliling, Outlet Kawali, Outlet Banjarsari, Outlet Rancah dan Bumdes Panumbangan. Kita juga mengoptimalkan Samsat Online Nasional dan melakukan pengalihan pelayanan Samsat Tasik kota,” pungkas Bowo. (AY/CN/Djavatoday)

Jelang Pilkada 2024, Aktivis Ciamis Dorong Bawaslu Pilih Anggota Panwascam yang Berkualitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aktivis Peduli Ciamis Eka Muntaha mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis memilih anggota Panwascam yang berkualitas. Tidak boleh ada peserta yang...

Bangunan Laboratorium IPA SMP di Pamarican Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap bangunan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, ambruk. Peristiwa itu terjadi ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat...

Ini Lawan PSGC Ciamis di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSSI telah melakukan drawing atau pembagian grup babak 16 besar Liga 3 Nasional. PSGC Ciamis masuk dalam grup 2 bersama Persiku...

KPU Ciamis Lantik 135 PPK untuk Pilkada 2024, Sebanyak 70 Persen Wajah Lama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis melantik 235 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas untuk Pilkada 2024. Pelantikan dilaksanakan di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya