Selasa, April 30, 2024

Wisata Puncak Bangku Ciamis Bak Negeri di Atas Awan

DJAVATODAY.COM, Wisata Ciamis,- Kekayaan alam Ciamis, Jawa Barat sangat banyak. Salah satunya, Wisata Puncak Bangku Ciamis. Ditempat ini wisatawan akan melihat fenomena bak negeri di atas awan.

Tempat wisata ini berada di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah. Biasanya untuk menikmati fenomena negeri di atas awan, orang harus terlebih dulu naik gunung. Namun di Puncak Bangku ini bisa dijangkau dengan kendaraan roda 4.

Namun untuk melihat fenomena ini anda harus datang pagi-pagi kisaran pukul 06.00-07.00 WIB. Kalau takut kesiangan wisatawan bisi bikin tenda disekitar lokasi, tapi harus izin dulu ke pengelola.

Wisata Puncak Bangku Ciamis ini mulai ramai diperbincangkan pada awal tahun 2020 lalu. Bahkan di bulan Januar-Februari pengunjung yang datang mencapai ribuan setiap harinya. Sampai saat ini pun wisata alam ini ramai dikunjungi.

Sekalipun kesiangan, wisatawan masih tetap bisa menikmati pemandangan yang indah. Terlihat pegunungan yang hijau menjulang dan hamparan hutan dan perkampungan warga yang menghijau.  

Puncak Bangku terletak diperbatasan Ciamis dan Kuningan. Letaknya berada di atas tebing. Udara di tempat wisata ini sangat sejuk sangat cocok untuk melepas lelah diakhir pekan. Puncak Bangku kini sering dikunjungi oleh wisatawan luar daerah.

Petunjuk Jalan Wisata Puncak Bangku Ciamis

Wisata Puncak Bangku Ciamis Bak Negeri di Atas Awan
Wisata alam Puncak Bangku Ciamis.

Bagi wisatawan yang berasal dari perkotaan Ciamis, untuk menuju lokasi ini memerlukan waktu 40 menit sampai 1 jam perjalanan. Rutennya, berpatokan dari Alun-alun Ciamis mengambil jalan ke arah Cirebon. Dipersimpangan Baregbeg sebelum SPBU belok kanan ke arah Kecamatan Sukadana.

Dari persimpangan empat Sukadana-Cisaga, ambil jalur lurus ke arah Rancah. Setelah sampai di sekitar Pasar Rancah dan Polsek Rancah anda terus ambil jalur lurus ke Desa Situmandala. Dari lokasi itu tinggal ikuti petunjuk jalan hingga sampai tujuan.

Untuk masuk ke lokasi Wisata Puncak Bangku Ciamis ini wisatawan tak dikenakan tarif. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja. Ditempat ini banyak tempat spot selfi yang menarik yang disewakan oleh pengelola.

Seorang wisatawan asal Pangandaran, Aji Nursamsi, mengaku rela menginap di rumah temannya. Karena ingin menyaksikan fenomena negeri di atas awan ini. Ia mengaku tidak sia-sia meski harus menunggu sejak semalaman.

“Memang pemandangannya sangat indah. Kabutnya sangat tebal jadi sensasinya seperti kita sedang berdiri di atas awan. Sayangnya fenomena ini hanya terjadi di pagi hari. Kalau siang sudah tidak ada. Tapi pemandangannya juga tak kalah indah,” ungkapnya.

Pengunjung asal Rancah, Cucu, mengaku biasanya ia datang siang hari ke Wisata Puncak Bangku Ciamis ini. Sehingga tak pernah kebagian melihat fenomena bak negeri di atas awan.

“Alhamdulillah sekarang bisa sempat melihatnya. Kadang pernah datang pagi tapi gak ada. Karena biasanya fenomena ini muncul dan bagus setelah kemarin sore atau malam ada hujan,” terangnya. (CN/Djavatoday)

Rowo Jombor Klaten, Nikmati Kuliner di Warung Apung

Rowo Jombor Klaten merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau dengan konsep wisata kuliner. Setiap wisatawan bisa menikmati keindahan danau atau rawa...

Curug Pinang Baturraden, Nyaman untuk Piknik dan Barbekuan!

Curug Pinang Baturraden merupakan salah satu objek wisata yang meramaikan khazanah pariwisata Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun dengan...

PSGC Ciamis Raih Tiga Poin Pertama Usai Kandaskan Persitara 3-1

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis menang atas Persitara Jakarta Utara dengan skor meyakinkan 3-1 dalam pertandingan pertama grup G Liga 3 Nasional. Pertandingan digelar...

Upaya Pemkab Ciamis Dorong Sektor Pariwisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna meninjau dua lokasi wisata unggulan di Kabupaten Ciamis yakni Situ Wangi dan Situ Lengkong Panjalu. Hal...

Terpopuler

Lainnya