Selasa, Oktober 22, 2024

Darussalam Cup ke-21 Tahun 2024: Ajang Pengembangan Bakat Pelajar SD dan MI se-Jawa Barat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- MTs Al Fadliliyah Darussalam kembali menggelar Darussalam Cup ke-21, sebuah ajang tahunan yang mempertemukan pelajar SD dan MI se-Jawa Barat, terutama dari wilayah Priangan Timur.

Acara ini berlangsung selama satu bulan, mulai dari 12 Oktober hingga 10 November 2024,. Ajang ini mencakup berbagai cabang kompetisi dalam bidang olahraga, seni, dan akademik.

Ketua Panitia Darussalam Cup ke-21, H. Aa Surahmat, M.Pd., yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala MTs Al Fadliliyah Darussalam, menjelaskan bahwa tahun ini ada delapan mata lomba yang dipertandingkan.

“Para peserta akan berlomba dalam cabang voli, futsal, olimpiade matematika, IPAS, pidato da’i cilik (pildacil), puisi, storytelling, dan solo vokal,” jelasnya, Sabtu (19/10/2024).

Ajang ini diikuti oleh ratusan pelajar dari berbagai SD dan MI di Jawa Barat. Beberapa di antaranya adalah 112 tim voli, 34 tim futsal. Serta peserta perseorangan yang terdiri dari 35 peserta pildacil, 40 peserta lomba puisi, 62 peserta solo vokal, 46 peserta storytelling. Selain itu juga 108 peserta olimpiade matematika dan IPAS.

Menurut Aa Surahmat, Darussalam Cup bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat para siswa di berbagai bidang.

“Kami ingin memberikan wadah bagi para pelajar SD dan MI untuk menunjukkan prestasi mereka. Baik di bidang olahraga, seni, maupun akademik,” tuturnya.

Selain menjadi arena kompetisi, ajang ini juga berfungsi sebagai media promosi bagi MTs Al Fadliliyah Darussalam. MTs tersebut kini membuka pendaftaran siswa baru. “Acara ini rutin diadakan setiap tahun, dan kali ini sudah memasuki yang ke-21. Ini juga menjadi ajang promosi sekolah,” tambah Aa Surahman.

Lebih jauh, Aa Surahmat berharap Darussalam Cup tidak hanya mendorong prestasi. Namun juga memperkuat persaudaraan antar sekolah, guru, dan siswa dari berbagai daerah.

“Kami berharap, selain meraih prestasi, ajang ini dapat membina persaudaraan di berbagai daerah. Terutama untuk di wilayah Priangan Timur seperti Ciamis, Tasikmalaya, Banjar, dan Pangandaran,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

SDN 4 Kertasari Ciamis Sudah Pasang Foto Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Gibran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Kertasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis sudah memasang bingkai foto Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto dan...

Pj Bupati Ciamis: Santri Bisa Jadi Apa Saja, Termasuk Pimpinan Negara

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna menyebut jika santri itu bisa jadi apa saja, bahkan bisa menjadi pimpinan negara. Hal tersebut Engkus sampaikan...

Kampanye Pilbup Ciamis, Herdiat-Yana Roadshow Konsolidasi Relawan di Cimaragas

Berita Ciamis (Djabatoday.com),- Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Ciamis nomor urut 2, Herdiat Sunarya dan Yana D Putra, lakukan roadshow Konsolidasi Relawan di...

STIKes Muhammadiyah Ciamis Jalin Kolaborasi Akademik dengan Universiti Teknologi MARA Malaysia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pimpinan dan dosen dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berpartisipasi dalam kegiatan kuliah pakar yang diselenggarakan di Universiti Teknologi...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya