Jumat, Oktober 18, 2024

Resep Ayam Kukus Jahe, Menu Andalan untuk Meningkatkan Stamina

Menu andalan kali ini merupakan hidangan ayam yang dimasak dengan cara dikukus bersama jahe beserta bumbu-bumbu aromatik lainnya. Ayam kukus jahe ialah masakan sehat dan rendah minyak yang populer di berbagai budaya Asia, terutama di Cina dan Indonesia. Masakan ini terkenal dengan rasanya yang ringan dan segar. Jahe juga memiliki manfaat yang dipercaya baik untuk pencernaan dan dapat meningkatkan imunitas.

Ayam kukus jahe memiliki beberapa keunggulan dibandingkan hidangan ayam lainnya, terutama dari segi kesehatan dan rasa. Proses mengukus tidak memerlukan minyak, sehingga kandungan lemak lebih rendah dibandingkan ayam goreng atau tumis. Hal ini dapat mengurangi risiko kolesterol tinggi dan bisa menjadi alternatif diet yang sehat. Masakan ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan karena mudah dicerna, dari anak-anak hingga lansia, bahkan cocok untuk orang yang sedang dalam masa pemulihan pasca sakit.

Resep ayam kukus jahe berikut ini harus banget kamu recook di rumah! Hidangan spesial yang diklaim mengandung nutrisi bergizi dan rasa yang lezat kini semakin populer dan juga memiliki banyak peminat. Jahe memang cocok dikombinasikan dengan ayam yang kaya akan protein, menjadikan hidangan ini sebagai menu andalan yang menyehatkan.

Resep Ayam Kukus Jahe, Lezat dan Bernutrisi!

Cocok disantap kapan saja, terutama saat cuaca dingin dan tak menentu, ayam kukus jahe menjadi menu pilihan yang dapat menghangatkan tubuh sekaligus meningkatkan stamina. Berikut resepnya!

Bahan-bahan:

750 gram paha ayam utuh

40 gram jahe

1 sdm kecap asin

1 sdm saus tiram

¼  sdt garam

¼ sdt kaldu bubuk

1 sdt gula pasir

½ sdt merica

2 sdm tepung maizena

Bahan penyedap:

4 batang daun bawang 

¼ sdt garam

¼ sdt kaldu jamur

3 sdm minyak

1 sdt minyak wijen

2 siung bawang putih 

Cara membuat:

Potong ayam menjadi beberapa bagian, masukkan ke dalam wadah.

Untuk marinasi, campurkan kecap asin, saus tiram, garam, kaldu bubuk, gula pasir, merica, dan tepung maizena, ke dalam mangkuk berisi potongan ayam tadi.

Aduk hingga seluruh potongan ayamnya termarinasi dengan rata. Diamkan selama 30 menit supaya bumbunya meresap.

Setelah 30 menit, pindahkan ayam marinasi ke dalam wadah tahan panas. Tambahkan jahe yang sudah dipotong-potong. Kukus selama kurang lebih setengah jam.

Siapkan mangkuk kecil. Campurkan irisan daun bawang, garam, dan kaldu jamur. Siram dengan minyak panas sebanyak tiga sendok dan satu sendok minyak wijen. Aduk merata.

Tuangkan ke atas ayam yang sudah dikukus. Tambahkan bawang putih goreng di atasnya.

Ayam kukus jahe siap dihidangkan!

Resep ayam kukus jahe tergolong mudah dan tidak memerlukan teknik memasak yang rumit. Prosesnya sederhana karena bahan-bahannya mudah ditemukan, kamu hanya perlu kukusan tanpa harus menggoreng atau memanggang. Selamat mencoba! (Karin/Djavatoday) 

Aneka Resep Pepes Rumahan yang Lezat dan Mudah Dibuat

Aneka resep pepes dalam artikel kali ini wajib banget kamu recook di rumah. Pepes memang merupakan makanan khas rumahan yang gak akan gagal menggugah...

Tips Mengatasi Rasa Lapar Saat Tengah Malam, Gak Bikin Berat Badan Nambah!

Lapar saat tengah malam bisa disebabkan oleh kebiasaan makan berlebihan, termasuk mengonsumsi makanan tinggi gula pada malam hari sebelum tidur. Kondisi ini cukup mengganggu...

Enak dan Sehat! Ini Dia 5 Cara Praktis Membuat Dressing Salad

Banyak orang yang kini memilih mengonsumsi salad sebagai alternatif untuk mendukung pola makan yang sehat. Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan rendah...

Bree Coffee and Kitchen, Healing sambil Makan di Atas Sungai!

Bree Coffee and Kitchen merupakan sebuah kafe bernuansa alam yang memadukannya dengan konsep wisata alam. Tempat ini pun akhirnya menjadi spot healing dengan suguhan...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya