Jumat, Oktober 18, 2024

Tips Mengatasi Rasa Lapar Saat Tengah Malam, Gak Bikin Berat Badan Nambah!

Lapar saat tengah malam bisa disebabkan oleh kebiasaan makan berlebihan, termasuk mengonsumsi makanan tinggi gula pada malam hari sebelum tidur. Kondisi ini cukup mengganggu karena perut merasa belum puas, sehingga tidur pun menjadi kurang nyenyak. Hal ini biasanya dialami oleh wanita yang sedang datang bulan, atau orang-orang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Mengatasi lapar saat tengah malam acapkali menjadi tantangan bagi banyak orang. Selain kurangnya stok makanan yang ada di rumah, kebiasaan makan tengah malam memiliki hubungan yang kuat dengan peningkatan risiko penyakit metabolik. Kebiasaan makan tengah malam juga bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan lainnya. Seperti peningkatan berat badan, gangguan pencernaan, naiknya asam lambung, insomnia, bahkan penyakit kardiovaskular. Makan di tengah malam memang tidak dilarang, namun menjadikan hal tersebut sebagai rutinitas tidaklah dianjurkan.

Lapar Saat Tengah Malam, Berikut Cara Mengatasinya!

Buat kamu yang sering banget merasa lapar saat tengah malam, berikut cara efektif yang bisa kamu coba untuk mengatasinya!

Minum air putih

Minum air putih dapat membantu meredakan rasa lapar sementara, terutama jika rasa lapar tersebut muncul karena tubuh mengalami dehidrasi ringan. Sebab, tubuh kita kadang salah mengartikan rasa haus sebagai rasa lapar. Sebelum memutuskan untuk makan, cobalah minum segelas air. Langkah ini bisa membantu menekan rasa lapar dan mencegah konsumsi kalori berlebihan. 

Konsumsi camilan sehat sebelum tidur

Ada baiknya kamu mengonsumsi makanan rendah kalori sebelum tidur. Seperti pisang, apel, atau yoghurt rendah lemak. Selain enak, camilan sehat ini dapat mengurangi rasa laparmu. Kamu juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond dan kacang mete. 

Minum susu hangat

Lapar saat tengah malam tidak mengharuskan kamu untuk mengonsumsi makanan berat yang justru bisa membuat berat badan naik. Minum susu hangat dipercaya ampuh mengatasi rasa lapar, lho! Susu mengandung sejumlah nutrisi penting yang membuatmu merasa kenyang. Tak hanya itu, susu juga dapat memproduksi hormon serotonin dan melatonin yang bisa bikin kamu kembali mengantuk dan melanjutkan tidur.

Cukupi asupan protein dan serat

Lapar saat tengah malam bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak seimbang atau kurangnya asupan protein dan serat. Kedua nutrisi penting ini merupakan sumber zat gizi yang bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama. Maka, penuhi piring makan malam kamu dengan sumber protein dan serat.

Cari kesibukan untuk mengalihkan rasa lapar

Cobalah mencari kesibukan untuk mengalihkan rasa laparmu. Misalnya membaca buku, menonton series, atau segala sesuatu yang kamu sukai dan bisa dilakukan di malam hari. Hal ini akan membuat pikiran kamu teralihkan. Kamu tidak lagi memikirkan rasa lapar, melainkan fokus dengan kegiatan yang sedang kamu lakukan.

Demikian tips mengatasi rasa lapar saat tengah malam yang bisa kamu coba sewaktu-waktu. Namun, supaya tidak merasa lapar saat tengah malam, jangan ragu untuk makan dengan cukup di siang hari. (Karin/Djavatoday)

Resep Ayam Kukus Jahe, Menu Andalan untuk Meningkatkan Stamina

Menu andalan kali ini merupakan hidangan ayam yang dimasak dengan cara dikukus bersama jahe beserta bumbu-bumbu aromatik lainnya. Ayam kukus jahe ialah masakan sehat...

Aneka Resep Pepes Rumahan yang Lezat dan Mudah Dibuat

Aneka resep pepes dalam artikel kali ini wajib banget kamu recook di rumah. Pepes memang merupakan makanan khas rumahan yang gak akan gagal menggugah...

Enak dan Sehat! Ini Dia 5 Cara Praktis Membuat Dressing Salad

Banyak orang yang kini memilih mengonsumsi salad sebagai alternatif untuk mendukung pola makan yang sehat. Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan rendah...

Bree Coffee and Kitchen, Healing sambil Makan di Atas Sungai!

Bree Coffee and Kitchen merupakan sebuah kafe bernuansa alam yang memadukannya dengan konsep wisata alam. Tempat ini pun akhirnya menjadi spot healing dengan suguhan...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya