Selasa, Oktober 15, 2024

Ciamis Siap Gelar Batik Fest 2024 untuk Bangkitkan Batik Ciamisan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Upaya Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk membangkitkan kembali Batik Ciamisan akan diwujudkan melalui acara Ciamis Batik Fest 2024 yang akan berlangsung pada 14 Oktober 2024. Batik Festival ini digagas sebagai bentuk dukungan terhadap pengrajin batik lokal serta upaya melestarikan budaya batik khas Ciamis yang kaya akan sejarah dan motif unik.

Ahmad Yani, Sekretaris Dinas Pariwisata Ciamis, menjelaskan bahwa acara ini terinspirasi dari semangat Penjabat Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, yang ingin menghidupkan kembali kejayaan Batik Ciamisan.

“Tujuan akhirnya adalah agar masyarakat, terutama para ASN dan pegawai BUMN/BUMD di Ciamis, lebih mencintai budaya lokal. Ke depannya, mereka akan dianjurkan untuk mengenakan batik setiap hari Kamis,” ujarnya pada Sabtu (12/10/2024).

Tidak hanya sebagai ajang peragaan batik, Ciamis Batik Festi ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik. Mulai dari talk show yang membahas upaya perbaikan dan perkembangan di Kabupaten Ciamis. Dan juga penjelasan mengenai sejarah Batik Ciamisan serta ragam motif yang khas.

Para pengunjung juga akan berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para pengrajin batik yang aktif, mempelajari teknik membatik, dan melihat berbagai koleksi batik lokal yang dihasilkan.

Ahmad Yani menambahkan bahwa Batik Festival ini juga akan mengadakan lomba mewarnai dan menulis motif batik khusus untuk anak-anak. “Tujuannya agar sejak usia dini, anak-anak sudah akrab dengan budaya batik dan mencintai warisan budaya lokal,” jelasnya. Kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai budaya serta memperkenalkan batik Ciamis kepada generasi muda sebagai bagian dari identitas daerah.

Ada Apa Saja di Ciamis Batik Fest

Selain itu, festival ini juga akan diramaikan oleh berbagai kegiatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Termasuk pengrajin batik lokal dan pelaku usaha lainnya.

“Kami akan memberikan ruang bagi para pelaku UMKM untuk memperkenalkan produknya. Masyarakat dapat lebih mengenal produk-produk lokal,” ungkap Ahmad Yani.

Di Kabupaten Ciamis sendiri, pengrajin batik yang aktif saat ini berada di wilayah Rukun Batik. Namun, mereka kebanyakan hanya memproduksi sesuai pesanan dan tidak dalam jumlah besar.

“Kami juga menemukan adanya pengrajin baru di Kampung Bungur, Desa Jalatrang, yang menambah potensi pertumbuhan industri batik di daerah ini,” tambahnya.

Melalui Ciamis Batik Fest, pemerintah berharap minat masyarakat terhadap Batik Ciamisan meningkat. Sehingga penggunaan batik lokal menjadi lebih luas dan merata. Selain untuk melestarikan budaya, festival ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif pada perekonomian lokal dengan meningkatnya permintaan batik dari para pengrajin dan toko-toko batik.

“Dengan terselenggaranya Batik Festival ini, kami berharap Batik Ciamisan bisa bangkit dan para pengrajin, pengusaha, serta masyarakat. Secara umum dapat merasakan peningkatan ekonomi yang signifikan,” pungkas Ahmad Yani. (Ayu/CN/Djavatoday)

Hari Pertama Operasi Zebra Lodaya 2024 di Ciamis, Polisi Temukan Ratusan Pelanggar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan pelanggar mewarnai hari pertama Operasi Zebra Lodaya 2024 yang digelar Satlantas Polres Ciamis, Senin (14/10/2024). Pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya ini...

Operasi Zebra Lodaya, Polres Ciamis: Tekan Angka Pelanggaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis melaksanakan apel pasukan, hal itu untuk menghadapi Operasi Zebra Lodaya tahun 2024, Senin (14/10/2024) di Mapolres Ciamis. Operasi ini sendiri...

Tempat Strategis di Ciamis: Pilihan Wisata dan Lokasi Berpotensi Investasi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ciamis, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi besar dalam berbagai aspek, termasuk pariwisata,...

Kasus DBD Renggut 9 Nyawa di Ciamis hingga September 2024, Upaya Penanganan Terus Diperkuat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Ciamis menunjukkan angka yang memprihatinkan. Hingga September 2024, tercatat sebanyak 1.220 kasus DBD dengan sembilan...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya