Selasa, Oktober 15, 2024

7 Makanan Khas Palembang yang Lezatnya Nampol dan Bikin Nagih

Makanan khas Palembang gak hanya pempek saja loh. Pempek hanyalah salah satu dari sekian banyak makanan khas Palembang. Makanan-makanan ini tentunya gak boleh kamu lewatkan kalo lagi pergi ke daerah Sumatra Selatan, khususnya Palembang.

Sama seperti makanan nusantara lainnya, makanan Palembang juga punya cita rasa uang unik dan khas Indonesia yaitu dilengkapi dengan rempah dam bumbu yang membuatnya semakin sedap. Makanan-makanan ini ada yang manis dan ada juga yang gurih. Kamu bisa memilih mau cobain yang mana sesuai dengan seleramu.

Makanan Khas Palembang

Berikut beberapa makanan khas Palembang yang wajib banget kamu cobain kalo lagi kulineran di sana. Yuk simak!

Pempek

Makanan khas Palembang yang pertama tentunya ada pempek. Pempek menjadi salah satu jajanan khas Palembang yang sangat terkenal dan udah banyak dijajakan di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Pempek merupakan olahan dari daging ikan tenggiri yang dilengkapi dengan cuko. Makanan ini juga biasanya disajikan bersama timun mentah yang diiris kotak-kotak kecil.

Mie celor

Nah buat kamu yang doyan banget sama per-mie-an, wajib banget nih nyobain mie khas Palembang. Apalagi kalo bukan mie celor. Mie celor disajikan bersama kuah santan yang kental dan dicampur dengan kaldu udang serta sayur toge.

Mie celor ini cocok kamu makan untuk menu sarapan. Rasanya yang gurih membuat mie celor cocok banget sama lidah orang Indonesia.

Tempoyak

Makanan khas Palembang yang berikutnya yaitu tempoyak. Bagi sebagian orang mungkin udah gak asing lagi sama makanan yang satu ini. Tempoyak merupakan sambal yang terbuat dari buah durian yang difermentasi.

Jadi tempoyak bisa kamu konsumsi sebagaimana fungsinya sebagai sambal. Kamu bisa memakannya bersama pepes ikan, nasi, dan makanan lainnya.

Tekwan

Selanjutnya ada tekwan nih, tekwan ini punya kemiripan dengan pempek. Hanya saja tekwan tidak digoreng melainkan cukup direbus saja. Kuahnya pun tidak pekat seperti cuko. Tekwan hanya menggunakan kuah bening seperti sup dan biasanya disajikan bersama soun, jamur kuping, dan irisan bengkuang.

Engkak ketan

Bosan dengan makanan yang gurih dan kepingin nyobain yang manis-manis? Kamu bisa banget nih nyobain engkak ketan. Makanan ini merupakan salah satu jajanan tradisional Palembang yang punya cita rasa manis.

Engkak ketan mempunyai ukuran yang kecil dan tekstur yang kenyal. Engkak ketan terbuat dari tepung ketan sehingga rasanya manis.

Kue delapan jam

Kue delapan jam juga harus banget masuk list makanan Palembang yang perlu kamu coba. Nama kue ini bukan hanya sekadar kiasan loh, nama kue delapan jam dipakai karena pengolahan kuenya memang selama itu.

Bahan utamanya adalah susu dan gula. Meski memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya, kamu akan merasa terbayar saat mencobanya.

Martabak har

Makanan khas Palembang yang terakhir yaitu martabak har. Sebenarnya martabak ini hampir mirip dengan martabak telur. Martabak har dibuat dengan menggunakan adonan kulit berisi telur bebek dan telur ayam yang digoreng hingga kering. Yang membedakan martabak har dengan martabak telur adalah cara penyajiannya yang ditambah dengan kuah kari.

Demikian makanan khas Palembang yang bisa kamu coba kalo lagi pergi ke sana. Dari yang manis sampai yang asin, mana nih yang paling menarik untuk dicobain? (Ume/Djavatoday)

Enak dan Sehat! Ini Dia 5 Cara Praktis Membuat Dressing Salad

Banyak orang yang kini memilih mengonsumsi salad sebagai alternatif untuk mendukung pola makan yang sehat. Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan rendah...

Bree Coffee and Kitchen, Healing sambil Makan di Atas Sungai!

Bree Coffee and Kitchen merupakan sebuah kafe bernuansa alam yang memadukannya dengan konsep wisata alam. Tempat ini pun akhirnya menjadi spot healing dengan suguhan...

Cara Memasak Cumi Agar Tidak Alot dan Tetap Empuk

Cara memasak cumi kedengarannya memang gampang-gampang susah. Pasalnya, cumi kadang terasa alot dan masih tercium bau amisnya. Cumi harus dimasak dengan tepat agar dagingnya...

5 Rekomendasi Makanan Pedas yang Bisa Bikin Mata Kamu Jadi Melek

Rekomendasi makanan pedas memang kerap kali dibutuhkan oleh beberapa orang. Terutama untuk kamu yang memang pecinta makanan jenis ini. Makanan pedas bisa menjadi salah...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya