Jumat, September 20, 2024

Resep Roti Bakar Ala Rumahan, Cukup Pakai Roti Tawar

Resep roti bakar bisa kamu bikin sendiri di rumah loh. Kamu bisa memanfaatkan roti tawar dan memadukannya dengan berbagai macam isian dan topping.

Roti bakar memang menjadi camilan favorit banyak orang. Rasanya yang manis dan lezat membuat roti bakar cocok untuk meningkatkan mood seseorang. Apalagi jika dikonsumsi saat masih dalam keadaan hangat.

Biasanya roti bakar memang terbuat dari roti jenis khusus yang memiliki ukuran tebal sehingga bisa dibelah tengahnya untuk memasukkan isian. Namun kamu jika tidak punya roti jenis ini, kamu bisa membuatnya dengan menggunakan roti tawar. Roti tawar mudah ditemukan bahkan di warung dekat rumahmu. Jadi kamu gak perlu repot-repot pergi ke pasar atau supermarket deh.

Resep Roti Bakar Rumahan

Berikut resep roti bakar yang bisa kamu recook sendiri di rumah. Yuk simak.

Bahan

Resep roti bakar rumahan tentunya kita awali dengan menyiapkan bahan-bahannya. Bahan untuk membuat roti bakar ini sangatlah sederhana dan mudah didapat. Harganya pun terjangkau, jadi gak akan bikin dompet kamu kering. Berikut beberapa bahan yang perlu kamu persiapkan untuk membuat roti bakar.

  • roti tawar
  • margarin
  • selai cokelat
  • keju parut
  • aneka selai buah sesuai selera

Cara membuat

Tak hanya terbuat dari bahan sederhana, cara membuat roti tawar bakar juga sederhana loh. Mengolahnya pun gak akan memakan banyak waktu. Penasaran gimana cara membuatnya? Yuk simak langkah-langkah pembuatannya berikut ini.

  1. Ambil satu buah roti tawar. Olesi dengan selai sampai menutupi seluruh permukaan roti. Tutup dengan roti kembali. 
  2. Jika kamu menginginkan rasa yang lebih manis atau isian yang lebih lumer, kamu bisa mengoleskan selai di kedua roti.
  3. Lakukan sampai semua roti terisi.
  4. Jika sudah, olesi bagian sisi luar roti dengan mentega. Jangan terlalu banyak agar tidak terasa begitu asin.
  5. Panaskan panci anti lengket. Beri sedikit margarin atau mentega.
  6. Masukkan roti dan masak hingga berubah warna menjadi agak kecokelatan. Balik dan masak kembali sampai kedua sisi berwarna cokelat.
  7. Angkat dan tiriskan.
  8. Belah menjadi dua membentuk segitiga agar menampilkan isiannya.
  9. Tambahkan keju parut di atasnya. Kamu juga bisa menggunakan topping lain yang kamu sukai seperti, cokelat, buah, meses, atau yang lainnya agar tampilannya semakin cantik.
  10. Roti bakar siap dihidangkan.

Camilan pendamping roti bakar

Resep roti bakar di atas bisa juga kamu lengkapi dengan camilan pendamping. Karena roti bakar merupakan camilan yang berbentuk padat dan hampir menyerupai makanan berat, maka kamu bisa mengkonsumsinya bersama kopi, teh, atau jus.

Itu dia resep roti bakar rumahan dari roti tawar. Semoga membantu, ya. (Ume/Djavatoday)

5 Jenis Mangga Paling Manis yang Tumbuh Banyak di Indonesia

Jenis mangga paling manis yang akan kita bahas dalam artikel berikut ini merupakan mangga yang dapat dengan mudah kamu temukan di berbagai wilayah Indonesia....

Bikin Nostalgia! 8 Jenis Jajanan Pasar Zaman Dulu yang Masih Populer

Jajanan pasar zaman dulu adalah panganan khas nenek moyang yang biasanya dihidangkan pada acara tertentu dan sering dijumpai di pasar-pasar tradisional. Ada banyak jajanan...

Cara Membuat Combro, Camilan Renyah yang Lezat di Lidah

Cara membuat combro ini mudah banget loh. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan dan alat yang sederhana. Combro atau oncom di jero...

Resep Udang Balon yang Viral karena Bang Mursyid!

Resep udang balon akhir-akhir ini menjadi topik hangat yang banyak orang-orang bicarakan, terutama di media sosial. Hal ini terjadi lantaran seorang content creator yang...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya