Rabu, September 18, 2024

Tingkatkan Partisipasi dalam Pilkada 2024, Pemkab Ciamis Gelar Sarasehan Pendidikan Politik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sarasehan pendidikan politik dan sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Adapun kegiatan tersebut berlangsung di Gedung KH Irfan Hielmy Komplek Islamic Center Ciamis, Rabu (18/9/2024).

Kegiatan tersebut mengusung tema Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak di Kabupaten Ciamis Tahun 2024.

Acara sarasehan dihadiri dan dibuka langsung oleh Pj. Bupati Ciamis, Engkus Sutisna didampingi oleh jajaran Unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis.

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakan saresehan tersebut agar para peserta memahami akan pelaksanaan pilkada serentak pada 27 November mendatang.

Selain itu upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hak dan kewajiban sebagai pemilih dan nantinya berkewajiban menyampaikan informasi kepada masyarakat lebih luas.

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna mengatakan, pelaksanaan Pilkada serentak merupakan pertama kalinya, apalagi mengingat calon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Ciamis hanya satu pasang calon.

“Sehingga perlunya pemahaman yang betul-betul kepada masyarakat supaya pada waktunya nanti masyarakat datang ke TPS,” katanya.

Meskipun di Ciamis hanya terdapat satu pasang calon, kata dia, tetapi partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya harus di tingkatkan, dengan target minimal 80 persen dari DPS yang telah ditentukan.

“Target kita itu minimal 80 persen dari DPS yang telah ditentukan,” katanya.

Selanjutnya, Engkus juga membahas tentang Netralitas ASN dan Kepala Desa yang kebetulan pada kesempatan tersebut hadir para Kepala OPD dan Camat.

Engkus mengimbau agar ASN jangan sampai melakukan tindakan yang menunjukan keberpihakan kepada peserta pemilu baik kepada Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati.

“Uniknya itu disini, para ASN di tuntut untuk netral disamping mereka memiliki hak pilih berbeda dengan TNI dan Polri, oleh karena itu nanti akan hadir para narasumber yang akan memberikan informasi pendidikan politik dalam menghadapi Pilkada serentak 2024,” jelasnya.

“Silakan ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan sampaikan juga informasi yang telah diterima kepada keluarga, masyarakat agar pilkada nanti partisipasi masyarakat di Kabupaten Ciamis meningkat,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Raden Hanif Wawakil Kerajaan Galuh Wafat saat Eksekusi Lahan, Budayawan Ciamis Aksi Solidaritas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat dan budayawan di Kabupaten Ciamis melakukan aksi solidaritas dan audiensi di DPRD Ciamis, Selasa (17/9/2024). Aksi itu dilakukan sebagai bentuk...

Polisi Ringkus Komplotan Begal Motor Bersamurai di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Satreskrim Polres Ciamis berhasil menangkap tiga orang komplotan begal motor yang beraksi di wilayah Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Saat melakukan aksinya,...

Penutupan Program BSMSS, Masyarakat Desa Lumbungsari Ciamis Nikmati Manfaatnya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Program Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) di Desa Lumbungsari Kecamatan Lumbung ditutup secara resmi oleh Dandim 0613 Ciamis, Letkol Inf....

Mengenal Tradisi Merlawu Situs Patapan Dipakusumah Sukadana Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tradisi Merlawu di Situs Patapan Dipakusumah di Dusun Citamiang Wetan, Desa Ciparigi, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, kembali dilaksanakan. Kegiatan budaya ini...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya