Senin, September 16, 2024

Dapat Meningkatkan Pengetahuan Agama, Ini Dia Manfaat Mengikuti Kajian Islam

Manfaat mengikuti kajian Islam tentu dapat meningkatkan pengetahuan agama serta mendekatkan diri dengan Allah SWT. Sama halnya seperti menuntut ilmu, kita dianjurkan mengikuti kajian Islam sebagai bentuk pemanfaatan waktu yang sebaik-baiknya.

Kajian atau studi Islam merupakan disiplin ilmu yang membahas tentang hal-hal agama keislaman. Kajian Islam diadakan dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait ajaran Islam agar peserta dapat mengimplementasikannya dengan benar. Secara umum, kajian Islam melibatkan pembelajaran mengenai fiqih, akidah, akhlak, serta beberapa aspek lainnya.

Manfaat Mengikuti Kajian Islam

Dibanding bergaul tanpa maksud dan tujuan tertentu, ada baiknya kita lebih memilih untuk hadir dan ikut belajar di kajian serta tidak lupa mengamalkan ilmu bermanfaat yang telah didapat. Nah, berikut merupakan sederet manfaat mengikuti kajian Islam yang akan menguntungkan dunia dan akhiratmu kelak.

Membina kedekatan dengan Allah SWT

Manfaat mengikuti kajian Islam yang pertama dan paling utama yaitu dapat membina kedekatan antara seorang hamba dan penciptanya. Dengan mengikuti kajian, seseorang akan semakin yakin untuk mendekatkan hatinya kepada Yang Maha Kuasa. Ajaran-ajaran yang disampaikan pada saat kajian Islam menjadi faktor pendorong seseorang dalam meningkatkan ketakwaan. 

Sumber ketenangan jiwa

Kajian Islam merupakan salah satu sumber motivasi yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Saat mendengar pengajaran tentang Islam, hati terasa sejuk seperti baru saja disirami air. Sering pula, nasihat yang disampaikan membuat hati menjadi tenang dan bahagia. 

Meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik

Mengikuti kajian Islam dapat meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Mengapa demikian? Karena seseorang yang rutin menghadiri kajian merasa dirinya senantiasa memerlukan tuntutan agama. Bahkan dalam kesehariannya ia selalu berpedoman serta berpegang teguh terhadap ajaran Islam. Hal ini dapat mewujudkan pribadi dan kualitas hidup yang lebih baik. 

Mengasah konsentrasi

Saat mendengar kajian, otak akan bekerja dan mencoba mengingat setidaknya beberapa poin penting yang disampaikan oleh pemateri. Dengan begitu, daya ingat dan konsentrasi akan terasah sekaligus terlatih setiap kali kita menghadiri kajian Islam atau mendengarkan ceramah.

Mempererat hubungan dengan sesama mukmin

Manfaat mengikuti kajian Islam pastinya tidak kalah penting daripada berkumpul atau sekadar bermain. Kajian merupakan tempat berkumpulnya para mukmin dengan hajat yang sama, yakni mempertebal dan memperdalam keimanan. Maka, menghadiri kajian adalah kesempatan untuk mempererat hubungan dengan sesama mukmin. Kamu bisa saling berbagi pengalaman, memberi inspirasi, serta mengingatkan akan pentingnya berpedoman dan memegang teguh ajaran Islam.

Itulah manfaat mengikuti kajian Islam yang akan menguntungkan dunia dan akhiratmu kelak. Yuk! Gunakan waktu sebaik-baiknya dengan tidak menyia-nyiakannya untuk hal yang unfaedah. Ingat! Jangan lagi menunda-nunda, sebab waktu tidak dapat diputar kembali dan penyesalan selalu datang belakangan. (Karin/Djavatoday)

Tingkatan IPK dalam Kuliah, Ini Perbedaannya!

Tingkatan IPK dalam kuliah didasarkan pada hasil studimu selama masa kuliah. Tiap tingkatan memiliki nilai dan predikat yang berbeda-beda. Namun sebelum membahas lebih lanjut,...

5 Jurusan Kuliah Bidang Kesehatan Selain Kedokteran yang Gak Kalah Berkualitas

Jurusan kuliah bidang kesehatan menjadi salah satu jurusan yang mempunyai prospek kerja yang cukup bagus. Pasalnya di tengah kemajuan globalisasi saat ini, secanggih apapun...

5 Tips Mudah Menghafal dengan Cepat dan Tak Mudah Lupa Lagi

Tips mudah menghafal yang akan dibahas dalam artikel kali ini akan membantu kalian agar bisa hafal dengan cepat dan tak mudah lupa. Menghafal gak...

5 Manfaat Mengikuti Organisasi Saat Kuliah Bagi Mahasiswa

Mengikuti organisasi saat kuliah menjadi salah satu plan bagi beberapa mahasiswa, terutama mereka yang mengikuti ekstrakurikuler di sekolahnya dulu. Jiwa-jiwa organisasinya sudah melekat dan...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya