Minggu, Juli 14, 2024

3 Doa untuk Ibu Hamil dalam Agama Islam Lengkap dengan Artinya

Doa untuk ibu hamil diperlukan agar kondisi ibu dan janin bisa baik-baik saja sampai nanti melahirkan. Apalagi kita sebagai umat beragama yang tentunya harus meminta perlindungan kepada Tuhan. Dengan mengamalkan doa untuk ibu hamil ini di antaranya meminta agar persalinan lancar, bayi sehat dan sempurna, serta kemudahan bagi si ibu saat melahirkan.

Masa-masa ke hamilan adalah masa di mana ibu memiliki perubahan mental dan emosional. Tak jarang banyak dari mereka mengalami perubahan suasana hati dan cenderung sensitif akan suatu hal. Nah, hal ini bisa ditenangkan dengan membacakannya doa.

Doa untuk Ibu Hamil

Berikut doa untuk ibu hamil dari perspektif Islam atau agama mayoritas orang Indonesia.

Doa agar janin bisa tumbuh dengan baik

Doa untuk ibu hamil yang pertama yaitu untuk janin agar bisa tumbuh dengan baik. Ibu atau keluarga bisa membaca surat Ali Imran ayat 38. Berikut bunyi ayatnya:

Hunalika da’a zakariyya rabbah qala rabbi habli miladunka dzurriyyatan thoyyibah, innaka sammi’uddu’aa

Ayat di atas memiliki arti: Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya bekata: Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. sesungguhnya Engkau Maha Pendengar.

Doa agar tidak mual berlebihan

Pada dasarnya rasa mual saat hamil adalah hal yang wajar. Beberapa ibu mengalami reaksi muntah akibat rasa mual yang dialaminya. Selain obat dan istirahat yang cukup, ibu juga bisa mengamalkan ayat ini.

Allahumma afini fi badani allahumma afini fi sam’I allahumma afini fi bashari la ilaha illa anta.

Ayat di atas memiliki arti: Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada badanku. Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada pendengaranku. Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada penglihatanku. Tiada sesembahan kecuali engkau.

Doa agar dilindungi dari gangguan jin dan setan

Doa untuk ibu hamil yang berikutnya dibacakan dengan tujuan melindungi ibu dan bagi dari gangguan setan dan jin. Hal ini diharapkan dapat mencegah terjadinya perbuatan yang buruk dan dapat merusak janin. Kamu bisa membaca surat Ali Imran ayat 36.

Fa lammaa wad a’at-haa qaalat rabbi innii wad a’tuhaa unsa, wallaahu a’lamu bimaa wad a-at, wa laisazzakaru ka-unsaa, wa innii sammaituha maryama wa inni aizuhaa bika wa zuriyyatahaa minassyaitaanir-rajiim.

Ayat di atas memiliki arti: Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: ‘Ya Tuhanku, sesungguhkan aku melahirkannya anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu, dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari setan yang terkutuk.

Doa untuk ibu hamil di atas bisa kamu lantunkan setelah solat atau sambil mengelus perut ibu. Berdoalah dengan hati yang khuyuk dan penuh dengan pasrah diri kepada Allah. Niscaya Allah akan mengabulkan segala doa-doa baikmu. (Ume/Djavatoay)

16 Kepribadian Manusia Sesuai MBTI, Cari Tahu Tipemu Yuk!

Kepribadian manusia sesuai MBTI bisa kamu tes melalui website resmi. Saat ini banyak situs yang menyediakan tes kepribadian MBTI secara gratis, loh. Namun pada...

5 Hal yang Harus disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja merupakan bagian dalam merasakan seberapa pahit dan manisnya lingkungan yang sedang digeluti. Memiliki karier yang melejit dan penghasilan yang subsisten tentunya...

5 Peralatan Dapur Multifungsi yang Harus Kamu Punya di Rumah

Peralatan dapur multifungsi ini dapat memudahkan kegiatan memasak bahkan mempersingkat waktu. Bagi sebagian orang, memasak bukan hanya kegiatan rumahan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan...

5 Tips Mengubah Tampilan Dapur Menjadi Lebih Rapi dan Elegan

Mengubah tampilan dapur menjadi lebih bersih dan nyaman bukan hanya diperuntukkan kepada apartemen atau rumah dengan desain yang mewah. Dapur minimalis bahkan sempit pun...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya