Kamis, September 19, 2024

Ini Dia Jenis-jenis Saus yang Biasa dipakai untuk Menambah Kelezatan Makanan

Jenis-jenis saus yang biasa dipakai untuk menambah kelezatan makanan ternyata ada cukup banyak lho, Sob! Masing-masing mempunyai rasa dan kegunaan yang berbeda. Lantas, apa saja sih, macam-macam saus yang sering digunakan di berbagai hidangan?

Saus ialah cairan setengah padat yang dibuat dengan cara reduksi. Produk berbentuk pasta ini berasal dari olahan buah serta sayuran yang memiliki aroma sekaligus rasa yang menusuk. Saus berfungsi untuk memperkaya rasa, banyak orang yang terbiasa mencampurkan saus ke makanan yang dikonsumsinya untuk menambah kelezatan. Umumnya, kita acapkali menjumpai dua jenis saus yang biasa disajikan berdampingan, yakni saus tomat dan saus sambal. Dua saus yang familiar itu sering kita dapatkan pada saat membeli makanan yang memiliki cita rasa asin dan gurih. Seperti ayam dan berbagai jajanan kaki lima.

Jenis-jenis Saus yang Biasa dipakai untuk Menambah Kelezatan Makanan

Makanan memang paling enak kalau sudah dicocol atau disiram dengan saus. Lezatnya makin bertambah, membuat orang-orang lebih menikmatinya.

Saus sambal

Jenis-jenis saus sangatlah beragam. Satu dari beberapa yang sudah sangat populer di Indonesia adalah saus sambal. Terbuat dari cabai, bawang, serta tambahan bumbu dapur lainnya. Saus sambal memiliki tingkat kepedasan yang berbeda. Biasanya menjadi pelengkap hidangan bakso dan mie ayam dengan cara dituangkan.

Saus tomat

Sesuai dengan namanya, saus ini berbahan dasar tomat yang direbus hingga lembek, kemudian ditambahkan gula, garam, cuka, dan rempah-rempah. Dari segi rasa, saus tomat tidak sepedas saus sambal karena cenderung asam dan manis. Jenis saus yang mendunia ini bisa menjadi teman makan hamburger, kebab, roti, hingga menu bakaran.

Saus tiram

Terbuat dari fermentasi tiram, saus berwarna hitam yang mempunyai tekstur kental ini memiliki rasa asin dan gurih. Saus tiram kerap kali digunakan sebagai bumbu tumisan yang menjadi andalan para Ibu rumah tangga, anak kos, bahkan pengusaha makanan. 

Saus teriyaki

Berasal dari Jepang ini memiliki tekstur cair serta berwarna kuning kecokelatan. Kini, ada banyak hidangan yang disajikan bersama saus teriyaki. Salah satunya yaitu ayam rice bowl teriyaki yang sempat viral dan banjir orderan. Sebab, daging ayam dan saus teriyaki merupakan perpaduan yang bikin banyak orang ketagihan. 

Saus barbeque

Terbuat dari lada hitam, pasta tomat, mayones, gula, madu, dan mustard, saus barbeque biasanya dipakai untuk marinasi atau olesan saat memanggang daging dan aneka seafood. Saus barbeque memiliki ciri bertekstur kental serta warna kecokelatan. 

Jenis-jenis saus di atas memiliki fungsi yang berbeda dalam menghidangkan atau menikmati masakan. Setiap saus punya khas tersendiri sebagai daya tarik yang membuat banyak orang menyukainya. (Karin/Djavatoday)

Bikin Nostalgia! 8 Jenis Jajanan Pasar Zaman Dulu yang Masih Populer

Jajanan pasar zaman dulu adalah panganan khas nenek moyang yang biasanya dihidangkan pada acara tertentu dan sering dijumpai di pasar-pasar tradisional. Ada banyak jajanan...

Cara Membuat Combro, Camilan Renyah yang Lezat di Lidah

Cara membuat combro ini mudah banget loh. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan dan alat yang sederhana. Combro atau oncom di jero...

Resep Udang Balon yang Viral karena Bang Mursyid!

Resep udang balon akhir-akhir ini menjadi topik hangat yang banyak orang-orang bicarakan, terutama di media sosial. Hal ini terjadi lantaran seorang content creator yang...

Resep Soto Ayam Kesukaan Keluarga, Lezat dan Hangat

Resep soto ayam di bawah ini harus banget kamu cobain di rumah buat disantap bareng keluarga. Caranya sederhana, tapi rasanya dijamin lezat dan nikmat....
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya