Kamis, September 19, 2024

Kamojang Ecopark Garut, Nikmati Sejuknya Hutan Pinus

Kamojang Ecopark Garut merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan hutan pinus dan panorama pegunungan. Objek wisata ini juga menyediakan banyak wahana menarik dan seru untuk Sobat Djava jajal bersama teman ataupun keluarga. Tempatnya yang berada di ketinggian membuat wisatawan bisa leluasa menikmati lanskap pegunungan dan hawa sejuknya yang menenangkan. Cocok menjadi spot untuk bersantai dan healing dari hiruk pikuk perkotaan yang bising.

Keberadaan objek wisata ini menambah daftar panjang objek wisata alam yang berada di Kabupaten Garut. Kabupaten yang terkenal dengan julukan Kota Dodol ini memang memiliki banyak potensi wisata alam yang menarik. Mulai dari wisata air terjun, kawah, kebun bunga, kolam air panas, hingga danau alami yang bersejarah. Letaknya yang tak begitu jauh dari Bandung maupun Jakarta membuatnya pas menjadi tujuan wisata.

Bagi Anda yang berencana untuk berlibur di Kabupaten Garut, tak ada salahnya untuk mengunjungi hutan pinus ini. Sebelum itu, simak terlebih dahulu artikel ini karena kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik seputar Kamojang Ecopark Garut. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Baca juga: Gunung Sagara Garut, Rekomendasi untuk Pendaki Pemula 

Harga Tiket Masuk Kamojang Ecopark Garut

Salah satu informasi penting seputar objek wisata ini yang perlu Anda ketahui adalah harga tiket masuknya. Tak perlu membayar mahal, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp15.000 saja per orangnya untuk mendapatkan tiket masuk. Kemudian untuk biaya parkir kendaraannya adalah Rp5.000 per unit motor dan Rp10.000 per unit mobil. Sementara itu, biaya spot fotonya mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000.

Anda bisa menyiapkan dana untuk keperluan lainnya, salah satunya adalah untuk mencicipi kuliner dan menjajal wahana serunya. Kamojang Ecopark Garut juga menyediakan fasilitas camping ground dengan biaya Rp40.000 per orang. Jika ingin menyewa tenda, siapkan biaya mulai dari Rp250.000 per 4 tenda. Tarif-tarif ini bisa berubah sewaktu-waktu karena tidak bersifat permanen.

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata ini menyediakan berbagai fasilitas untuk para wisatawan yang datang. Mulai dari area parkir kendaraan yang luas, toilet, musala, warung makan, kafe, camping ground, cottage, hingga hotel atau resort. Tersedia juga fasilitas wahana seperti flying fox hingga ATV dan spot foto berlatarkan alam yang instagramable. Fasilitas untuk bersantai di bangku ataupun lesehan di bawah pohon pinusnya pun tersedia.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Kamojang Ecopark Garut, kunjungilah saat jam operasionalnya. Adapun jam operasional objek wisata alam ini mulai pukul 05.30 sampai dengan 18.00 WIB setiap harinya. Khusus untuk fasilitas camping hingga resort bisa Anda akses selama 24 jam. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat cuaca cerah.

Daya Tarik Kamojang Ecopark Garut

Objek wisata ini mungkin akan mengingatkan Anda pada salah satu kawah yang letaknya berdekatan dengan wisata ini, yakni Kawah Kamojang. Tempat ini menyuguhkan nuansa alam yang tenang dengan hutan pinus yang eksotis. Berada di ketinggian, panorama yang tersaji pun tak mengecewakan, Anda bisa melihat indahnya lanskap pegunungan. Dengan hawa sejuk yang cenderung dingin, tetapi tetap menyegarkan.

Jejeran pohon pinusnya begitu tertara rapi dengan jalan setapak yang nyaman untuk Anda lalui. Saat cuaca sedang mendung, Kamojang Ecopark Garut akan memberikan vibes magis berkat adanya kabut yang memenuhi langit. Saat cuaca cerah kembali, gugusan puncak gunung pun akan terlihat, lengkap dengan momen sunrise dan sunset yang memesona.

Spot Foto dan Wahana

Daya tarik lain dari objek wisata ini adalah adanya wahana dan spot foto yang ciamik dengan latar alam yang indah. Ada spot foto gerbang langit, gardu pandang, balon udara, ayunan, kolam, hingga sepeda gantung. Anda juga bisa menyewa baju kimono untuk membuat hasil foto yang lebih instagramable. Untuk wahananya, mayoritas bertema outbound, seperti ATV, flying fox, panahan, kolam renang, dan masih banyak lagi.

Alamat Lengkap

Kamojang Ecopark Garut berlokasi di Jl. Samarang Garut, Cisarua, Kec. Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44161. Berjarak sekitar 22 kilometer dari pusat kota Garut dengan waktu tempuh sekitar 40-60 menit. (Rismawati/Djavatoday)

Wisatawan Serbu Bendungan Leuwikeris Ciamis saat Libur Maulid Nabi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan wisatawan menyerbu destinasi wisata dadakan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Mereka memilih Bendungan Leuwikeris tujuan alternatif wisata menghabiskan...

Taman Rekreasi Sengkaling, Wisata Keluarga di Malang Raya

Taman Rekreasi Sengkaling merupakan sebuah objek wisata alam keluarga dengan berbagai fasilitas liburan yang kekinian. Objek wisata ini berlokasi di Kabupaten Malang, Jawa Timur...

Curug Kondang Bogor dengan Kolam Biru Memesona

Curug Kondang Bogor merupakan sebuah objek wisata alam dengan suguhan air terjun yang indah memanjakan mata. Air terjun ini mengalir dari ketinggian tebing dan...

The Lost World Park, Wisata Jogja yang Recommended

The Lost World Park merupakan sebuah objek wisata alam yang berpadu dengan konsep spot foto yang kekinian di Yogyakarta. Objek wisata ini menampilkan keindahan...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya