Sabtu, Agustus 31, 2024

Curug Sanghyang Santen, Pesona Tersembunyi Swiss Van Java

Curug Sanghyang Santen merupakan sebuah air terjun yang terletaknya tersembunyi di area pegunungan Swiss Van Java, Garut. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan curug yang bergitu tinggi dan megah dengan panorama lembah dan perbukitan memanjakan mata. Tempatnya masih satu kawasan dengan Curug Sanghyang Taraje yang telah lebih dulu populer di kalangan wisatawan. Cocok menjadi tempat untuk bersantai menikmati waktu luang saat hari libur tiba bersama teman.

Curug ini adalah satu dari sekian banyaknya objek wisata yang memesona di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kota Intan yang terkenal dengan domba dan dodol manisnya ini memiliki topografi pegunungan di hampir seluruh wilayahnya. Berbagai wisata pun lengkap, mulai dari wisata air panas, wisata religi, wisata kekinian, curug, hingga pantai. Satu hari atau satu minggu saja rasanya tak akan cukup untuk mengelilingi keindahan kota yang satu ini.

Jika Sobat Djava sedang merencanakan liburan bersama teman, tak ada salahnya untuk memilih Curug Sanghyang Santen sebagai tujuan. Namun, informasi dari curug ini masih cukup minim. Jangan khawatir, kami telah merangkum berbagai informasi penting dan menariknya untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Baca juga: Wisata Sungai Ciharus Garut, Tempat Botram hingga Berkemah

Daya Tarik Curug Sanghyang Santen

Keindahan alam Garut yang memiliki julukan Swiss Van Java bisa Anda nikmati, salah satunya dengan mengunjungi curug ini. Curug dengan panorama yang mengesankan di tengah lembah berbukit yang hijau memanjakan mata. Ketinggian airnya memang tak seperti Sanghyang Taraje, hanya berkisar antara 25 hingga 30 meter saja. Namun, keindahan dan kemegarah curugnya tetap terpancar kuat, membuat siapapun yang melihatnya akan terpesona.

Air terjun ini berada di ketinggian perbukitan dengan rimbunan pepohonan hijau yang menciptakan nuansa asri. Warna airnya putih bersih dan memiliki debit air yang cukup deras, bahkan menciptakan tampias yang terciprat ke sekitarnya. Jika Anda ingin mengabadikan keindahan Curug Sanghyang Santen dari dekat, harap berhati-hati karena baju dan hp bisa basah.

Gemuruh air terjun ini seolah menjadi energi yang bisa membuat pikiran lebih tenang dan tubuh lebih rileks. Udara segar khas pegunungan pun dapat Anda rasakan sepuasnya sembari bersantai di saung yang dekat dengan curugnya. Untuk bisa merasakan langsung kesegaran airnya, Anda bisa bermain di area sungai yang berada di bawahnya. Jangan takut tersengat panasnya matahari karena pepohonan rimbunnya berhasil membuat area curug menjadi lebih teduh.

HTM dan Jam Operasional

Harga tiket masuk ke Curug Sanghyang Santen adalah Rp7.000 per orang, sangat terjangkau, bukan? Jika tak ada warga yang berjaga, Anda bisa menikmati keindahan objek wisata curug ini dengan gratis. Tinggal siapkan budget untuk keperluan lain, salah satunya adalah perbekalan.

Sobat Djava bisa mengunjungi objek wisata ini kapan saja karena tidak ada jam operasional resminya. Namun, kami sarankan untuk datang saat musim kemarau saja agar akses jalannya tidak licin dan berbahaya. Kunjungilah saat cuaca cerah agar panorama yang tersaji sedang cantik-cantiknya. Jangan berkunjung menjelang malam karena tidak ada penerangan di area hutannya.

Fasilitas dan Alamat Curug Sanghyang Santen

Curug Sanghyang Santen masih berada di bawah pengelolaan warga sekitar secara sederhana. Itulah sebabnya belum terdapat fasilitas di curug ini, hanya tersedia saung yang cukup nyaman untuk beristirahat. Untuk fasilitas parkir, warung, hingga toilet dan musala bisa Anda temukan di area pemukiman warga. Jika membutuhkan tour guide, Anda bisa meminta bantuan warga sekitar, jangan lupa untuk memberikan uang sebagai balasan jasanya.

Curug ini berlokasi di Kp. Kombongan, Pakenjeng, Kec. Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44168. Berjarak sekitar 45 kilometer dari pusat kota Garut atau bisa Anda tempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam. Akses jalannya tidak mulus dan konturnya berkelok serta naik-turun. Setelah memarkirkan kendaraan, Sobat Djava harus berjalan sekitar 10 menit melewati jalan yang cukup terjal.

Arahkan kendaraan menuju ke Cikajang, kemudian ambil arah kanan ke Bungbulang. Terus jalan hingga ke Cisandaan, kemudian Kecamatan Pamulihan hingga menemukan gerbang masuk Desa Pakenjeng. Terus lurus hingga ke Kampung Kombongan. Untuk informasi lebih lanjut tentang Curug Sanghyang Santen, hubungi nomor 083862836203. (Rismawati/Djavatoday)

Amazing Art Games Bandung, Surganya Spot Foto 3D

Amazing Art Games Bandung merupakan sebuah objek wisata bertema museum seni yang menampilkan banyak karya yang menarik. Baik itu yang berasal dari Indonesia maupun...

Teluk Bidadari Malang, Cantiknya Kolam dengan View Lautan

Teluk Bidadari Malang merupakan sebuah objek wisata alam dengan panorama yang cantik dari suguhan kolam tepi laut. Kolam ini terbentuk secara alami dengan bentengan...

Air Terjun Kabut Pelangi, Wisata Lumajang yang Recommended

Air Terjun Kabut Pelangi merupakan sebuah objek wisata alam yang menawarkan keindahan coban di kaki Gunung Semeru. Objek wisata ini cukup populer karena memiliki...

Curug Bangsalintang Garut, Hidden Gem yang Sangat Menantang!

Curug Bangsalintang Garut merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun tersembunyi. Objek wisata ini berada di dalam hutan dengan hamparan persawahan...
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas

Terpopuler

Lainnya