Jumat, September 20, 2024

Bikin Inovasi Aplikasi Muharam untuk Suburkan Tanah, Penyuluh Pertanian di Ciamis Raih Penghargaan Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jaja Sukmana, seorang penyuluh pertanian di Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meraih prestasi gemilang di tingkat nasional. Ia membuat inovasi untuk menyuburkan tanah dengan nama aplikasi Muharam (Mutiara Hitam Suburkan Alam).

Pada tahun 2024, Jaja Sukmana meraih penghargaan Peringkat 1 Lomba Inovasi Daerah Tingkat Kabupaten Ciamis. Peringkat 1 Lomba Penyuluh Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat. Kemudian juga meraih Peringkat 1 Lomba Penyuluh Teladan di tingkat Kementerian Pertanian.

Penghargaan tersebut diserahkan dalam acara Apresiasi Insan Pertanian Berprestasi yang digelar di Lapangan Upacara Kantor Pusat Kementerian Pertanian pada Sabtu (17/08/2024). Acara ini bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menteri Pertanian langsung memberikan penghargaan kepada para individu yang telah menunjukkan dedikasi, dan komitmen luar biasa, dalam meningkatkan kapasitas petani.

Inovasi Muharam ini merupakan terobosan dalam penggunaan zat humat, yang merupakan hasil ekstraksi kompos atau pupuk kandang.

Zat humat ini berfungsi sebagai soil conditioner, penyubur tanah dan juga tanaman, serta dapat menggantikan peran pupuk organik sekaligus meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk anorganik.

Sebagai gambaran, 50 kg zat humat setara dengan 10 ton pupuk kandang dalam hal menyuburkan tanah.

“Aplikasi muharam ini lahir dari keprihatinan saya terhadap penurunan kesuburan tanah. Kemudian minimnya penggunaan pupuk organik, serta penggunaan pupuk anorganik yang semakin masif. Inovasi ini hadir sebagai solusi untuk menciptakan sistem pertanian yang ramah lingkungan, dan berkelanjutan,”ungkap Jaja Sukmana, Selasa (20/8/2024).

Inovasi muharam diharapkan mampu mendukung terwujudnya pertanian yang berkelanjutan, dan tangguh, dalam menghadapi ancaman perubahan iklim, serta kerawanan pangan di masa depan.

Prestasi yang diraih Jaja Sukmana, menjadi inspirasi bagi para Penyuluh, dan juga Petani di seluruh Indonesia, untuk terus berinovasi, demi kemajuan sektor pertanian. (Ayu/CN/Djavatoday)

World Cleanup Day, Pegawai DPUPRP Ciamis Bersihkan Sungai Cileueur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pegawai Dinas PUPRP Ciamis ramai-ramai turun ke Sungai Cileueur yang ada di tengah perkotaan Ciamis, Kamis (19/9/2024) siang. Mereka bersihkan berbagai...

Sejoli Cekoki Bayi Hasil Hubungan di Luar Nikah dengan Obat Penggugur Kandungan hingga Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejoli, perempuan CSR (20) dan pria DM (21) diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Sejoli ini diduga membunuh bayi dari hasil hubungan di...

Stabilisasi Pangan, Pj Bupati Ciamis Lakukan Gerakan Tanam Padi di Sindangkasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka menjaga stabilitas pangan, Pj. Bupati Ciamis, Engkus Sutisna melakukan gerakan tanam padi bersama masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani...

Lama Nganggur, Pemuda Ciamis Ini Nekat Rampok Minimarket Bermodal Golok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda Ciamis berinisial GGS (26) warga Ciamis diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Pria tersebut nekat merampok sebuah minimarket (alfamart) Linggasari...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya