Selasa, Oktober 15, 2024

Curug Cihurang Bogor: HTM, Fasilitas, hingga Daya Tarik 

Curug Cihurang Bogor merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keasrian alam dan air terjun. Objek wisata ini terletak di kawasan wisata Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Meskipun memiliki ketinggian air terjun yang tak lebih dari 10 meter, daya tarik curug ini masih worth it untuk Anda nikmati. Terutama jika mengajak teman atau keluarga untuk berlibur bersama.

Kelebihan lain dari air terjun ini adalah ramah untuk anak-anak karena tak perlu berjalan jauh untuk sampai di curugnya. Kolam alaminya pun tidak dalam sehingga cocok bermain air bersama si kecil. Selain keindahan air terjun, Anda juga bisa menikmati sejuknya alam dan dinginnya udara khas Bogor. Yang ketika pagi suhu udaranya bisa mencapai 15 derajat Celsius, lho.

Kesegaran alamnya pun sering kali menjadi tujuan bagi para traveler yang mencari spot healing. Sekadar untuk refreshing atau melipir sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan yang terasa begitu padat. Curug Cihurang Bogor juga cocok untuk Anda yang ingin camping di tengah alam yang masih terjaga keasriannya.

Sebelum berkunjung ke curug ini, ada baiknya Anda mengetahui beberapa informasi pentingnya untuk persiapan liburan yang lebih baik. Kami akan dengan senang hati memberikan ragam informasinya untuk Anda dalam artikel ini. Jadi, simak selengkapnya guna mendapatkan referensi, ya!

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Cihurang Bogor 

Salah satu informasi penting mengenai air terjun ini adalah harga tiket masuknya. Perlu Sobat Djaba ketahui bahwa objek wisata ini berada kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan kawasan Gunung Bunder. Sehingga terdapat dua kali pemungutan tiket masuk yang akan Anda lalui. 

Saat memasuki kawasan TNGHS, Anda harus membayar biaya masuk sekitar Rp25.000 per motor untuk 2 orang. Jika menggunakan mobil, maka hitungannya adalah Rp15.000 per orang. Kemudian saat memasuki area Curug Cihurang Bogor, Anda harus membayar lagi tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Adapun biaya camping di curug ini adalah Rp20.000 per orang.

Biaya tiket masuk tersebut belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Perlu Anda ingat juga bahwa tarif-tarif tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola wisata. 

Fasilitas yang Tersedia

Curug Cihurang Bogor telah memiliki beberapa fasilitas yang dapat menunjang aktivitas liburan Anda. Seperti area parkir kendaraan, kamar mandi umum, warung-warung yang menjual makanan dan minuman, serta spot foto. Tersedia juga tempat duduk dan camping ground yang cukup luas di area atas dan bawah. 

Jam Operasional dan Lokasi

Sobat Djava bisa mengunjungi objek wisata ini pada jam operasionalnya, yakni pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Curug ini beroperasi setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat cuaca cerah. Sebaiknya Anda datang sedari pagi sebelum hari gelap karena akses jalan menuju ke curugnya belum memiliki penerangan jalan.

Adapun alamat lengkap Curug Cihurang Bogor adalah Gn. Picung, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810. Akses jalannya sudah cukup baik meskipun cukup sempit dan berkelok-kelok khas jalan pegunungan. Dari area parkir, Anda bisa langsung berjalan kaki beberapa langkah saja untuk sampai di titik curugnya. Tak perlu tracking jauh-jauh dan melelahkan.

Daya Tarik Curug Cihurang Bogor

Objek wisata ini menyuguhkan dua aliran air terjun yang letaknya berdampingan, tetapi memiliki karakter aliran yang berbeda. Aliran sebelah kiri mengalir pada bebatuan yang menonjol sehingga terlihat tidak begitu deras. Berbeda dengan aliran sebelah kanan yang langsung jatuh tanpa mengaliri bebatuan sehingga nampak lebih deras. Ketinggian kedua aliran curugnya ini tidak lebih dari 10 meter.

Meskipun begitu, kesegaran dan keasrian Curug Cihurang Bogor tetap memanjakan mata. Cocok menjadi spot healing untuk menjernihkan pikiran dan merilekskan tubuh, apalagi bagi Anda yang telah bekerja seharian. Pohon-pohon hijau di sekitarnya akan membuat suasana lebih sejuk dan tenang. Wisatawan bisa bermain air di kolamnya yang tidak terlalu dalam.

Jika ingin berkemah, Anda bisa mendirikan tenda di area bawah ataupun atas. Jika ingin nuansa yang berbeda, pilihlah area atas yang dikelilingi pohon-pohon pinus. Anda bisa berkemah di depan aliran sungai kecilnya yang menghasilkan suara gemercik air.

Jangan lupa untuk membawa pakaian hangat saat berkemah di Curug Cihurang Bogor karena udaranya sangat dingin. Selamat berlibur Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

Bird Pavilion Lembang, Wisata Seru untuk Pecinta Burung

Bird Pavilion Lembang merupakan sebuah objek wisata alam dan edukasi yang seru, terutama bagi para pecinta burung. Sepert namanya, objek wisata ini menyuguhkan lebih...

Batu Lumpang Pangandaran, Segarkan Harimu di Indahnya Sungai

Batu Lumpang Pangandaran merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan sungai berwarna hijau kebiruan. Sungai ini memiliki panjang lebih dari 1 kilometer dengan...

Fairy Garden Bandung, Wisata Negeri Dongeng by The Lodge

Fairy Garden Bandung merupakan sebuah objek wisata alam dari The Lodge yang menawarkan konsep taman tematik bernuansa negeri dongeng. Wisatawan akan menemukan banyak properti...

Situ Batu Karut, Tempat Ngadem di Sukabumi yang Recommended 

Situ Batu Karut merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau dengan lanskap pegunungan. Objek wisata ini begitu memesona karena air danaunya jernih...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya