Kamis, September 19, 2024

4 Jenis Kacang dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Jenis kacang dan manfaatnya perlu kamu pelajari untuk melihat dampak baik yang bisa kamu rasakan. Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk kamu konsumsi sehari-hari. Kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik bagi kesehatan tubuh.

Ada beberapa jenis kacang yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Variasi kacang ini juga bisa kamu sesuaikan dengan menu makanan yang ingin kamu buat. Kacang merupakan bahan makanan yang sehat sekaligus enak dimakan.

Beberapa jenis kacang bisa kamu konsumsi secara langsung loh. Namun jika ingin lebih nikmat kamu bisa mengolahnya bersama bahan makanan lain. Nah di Indonesia ada banyak jenis kacang yang bisa kamu jumpai.

Jenis Kacang dan Manfaatnya

Berikut beberapa jenis kacang dan manfaatnya yang perlu kamu tahu.

Kacang Hijau

Jenis kacang dan manfaatnya yang pertama yaitu kacang hijau. Jenis kacang ini pasti udah gak asing lagi di telinga kamu. Salah satu menu makanan yang paling sering dibuat dengan bahan dasar kacang hijau adalah bubur kacang hijau atau burjo. Menu ini punya cita rasa yang lezat dan manis.

Konsumsi kacang hijau sangat baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat kacang hijau diantaranya yaitu dapat menurunkan kadan kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah, menyehatkan tulang, dan baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Kacang mete

Kacang mete juga gak kalah populernya dari kacang hijau. Meski sebenarnya kacang mete ini bukan kacang yang tumbuh dengan sendirinya namun ia tetap masuk ke dalam jenis kacang-kacangan.

Kacang mete merupakan biji dari jambu mete atau jambu monyet. Biji ini digoreng atau dipanggang sehingga menghasilkan kacang mete. Kacang mete baik untuk kesehatan mata, mengurangi risiko kanker, membuat rambut tampak lebih berkilau, dan baik bagi kesehatan tulang.

Kacang tanah

Jenis kacang dan manfaatnya yang berikut yaitu kacang tanah. Kacang ini juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kacang tanah mengandung sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika mengkonsumsi kacang tanah secara rutin yaitu dapat mencegah penuaan dini dan mengurangi gula darah. Tak hanya itu, kacang tanah juga bisa menstabilkan kolesterol dalam tubuh serta dapat mencegah terjadinya kanker.

Kacang almond

Jenis kacang dan manfaatnya yang terakhir yaitu kacang almond yang kaya akan nutrisi. Kacang almond biasanya diolah menjadi camilan yang dipadukan dengan berbagai rasa seperti susu atau madu.

Kacang almond memiliki rasa yang lezat dan enak. Selain kelezatannya, konsumsi kacang almond juga berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin E, mengurangi tekanan darah, dan mengatasi insomnia. Kacang almond juga cocok untuk para pejuang diet karena kacang ini dapat menurunkan berat badan.

Itu dia jenis kacang dan manfaatnya yang bisa kamu konsumsi secara rutin. Yuk penuhi kebutuhan nutrisi dengan konsumsi kacang-kacangan setiap hari. (Ume/Djavatoday)

5 Jurusan Kuliah Bidang Kesehatan Selain Kedokteran yang Gak Kalah Berkualitas

Jurusan kuliah bidang kesehatan menjadi salah satu jurusan yang mempunyai prospek kerja yang cukup bagus. Pasalnya di tengah kemajuan globalisasi saat ini, secanggih apapun...

5 Tips Menghadapi Musim Hujan Agar Kesehatan Tetap Terjaga

Menghadapi musim hujan perlu dilakukan dengan menyiapkan beberapa hal. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko timbulnya penyakit yang rentan terjadi, seperti flu dan demam. Apabila...

Cara Memandikan Bayi dengan Benar, Orang Tua Wajib Tahu!

Cara memandikan bayi dengan benar harus diketahui oleh semua orang tua. Supaya kulit tetap bersih dan sehat, Moms harus teliti dalam memandikan sang buah...

Dampak Buruk Melewatkan Sarapan, Bikin Tubuh Kekurangan Nutrisi

Dampak buruk melewatkan sarapan dapat menimbulkan efek kontraproduktif pada metabolisme. Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi seandainya seseorang melewatkan sarapan. Sayangnya, tak sedikit orang...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya