Kamis, September 19, 2024

Atasi Krisis Air Bersih saat Musim Kemarau, Pemkot Banjar Bangun 2 Sumur Bor

Berita Banjar (Djavatoday.com),- Pemkot Banjar membangun 2 sumur bor sebagai upaya antisipasi krisis air bersih menjelang musim kemarau. Sumur bor itu dibangun di daerah rawan krisis dasi hasil mitigasi bencana dalam mengatasi bencana kekeringan.

Sumur bor ini akan digunakan untuk menyediakan sarana air bersih bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan krisis air.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Acep Daryanto, melalui Kabid Cipta Karya Irman Nurachman, mengatakan pembangunan sumur sebagai langkah nyata untuk atasi kekeringan.

“Sumur bor dibangun di dua titik berbeda. Harapannya dapat membantu masyarakat supaya mudah mendapatkan air bersih untuk sehari-hari terutama saat kemarau,” ujarnya, Minggu (28/7/2024).

Irman menjelaskan, dua titik program sumur bor tersebut berada di Dusun Cikapundung Desa Neglasari dan Dusun Kalangsari Desa Batulawang.

“Di kedua lokasi tersebut, ada ratusan jiwa yang membutuhkan akses air bersih untuk keperluan MCK,” ujarnya.

Selain itu, jaringan air PDAM juga tidak mencapai daerah tersebut, sehingga pembangunan sumur bor dianggap sebagai solusi yang tepat.

Irman menambahkan bahwa target penyelesaian program ini adalah akhir tahun 2024. Bulan hanya pembangunan sumur bor, tetapi juga penyaluran air hingga ke rumah-rumah warga.

“Hal ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat yang tinggal di daerah tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, Pemerintah Kota Banjar juga berencana untuk melanjutkan program ini di tiga desa lainnya yang juga membutuhkan sarana air bersih saat musim kemarau tiba. Seperti di Desa Batulawang, Desa Karyamukti, dan sebagian wilayah Desa Neglasari menjadi target program selanjutnya pada tahun 2025.

“Kami berkomitmen untuk terus menjadi solusi bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan dasar, termasuk kebutuhan akan air bersih. Melalui berbagai cara, seperti pembangunan sumur bor, penyaluran air hingga ke rumah-rumah warga, dan kerjasama dengan BUMD Kota Banjar, diharapkan masalah kekurangan air bersih dapat teratasi secara bertahap,” jelasnya. (Ayu/Djavatoday)

Stabilisasi Pangan, Pj Bupati Ciamis Lakukan Gerakan Tanam Padi di Sindangkasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka menjaga stabilitas pangan, Pj. Bupati Ciamis, Engkus Sutisna melakukan gerakan tanam padi bersama masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani...

Lama Nganggur, Pemuda Ciamis Ini Nekat Rampok Minimarket Bermodal Golok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda Ciamis berinisial GGS (26) warga Ciamis diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Pria tersebut nekat merampok sebuah minimarket (alfamart) Linggasari...

Upaya Koramil 1307 Kawali Dampingi Petani Ciamis Selamatkan Tanaman Padi saat Kemarau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah lahan pertanian di Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengalami kekurangan air dampak kemarau. Hal ini membuat tanaman padi terancam....

Tingkatkan Partisipasi dalam Pilkada 2024, Pemkab Ciamis Gelar Sarasehan Pendidikan Politik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sarasehan pendidikan politik dan sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya