Selasa, September 17, 2024

Upaya Dinas Perpustakaan Ciamis Menambah Koleksi Arsip Statis Sejarah Daerah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Ciamis terus berupaya untuk menambah koleksi arsip tentang sejarah daerah. Mengingat saat ini arsip mengenai sejarah yang tersimpan di Perpustakaan Ciamis masih kurang.

Kepala Bidang Kearsipan Dispusip Ciamis Basyir membenarkan, saat ini arsip statis mengenai kesejarahan masih kurang. Untuk itu perlu menambah agar nantinya Perpustakaan Ciamis menyimpan catatan sejarah di setiap daerah, desa atau kecamatan hingga Kabupaten.

Hingga saat ini, Dinas Perpustakaan Ciamis baru memiliki 8 buku mengenai sejarah wilayah desa dan baru 1 buku yang telah memiliki ISBN.

“Arsip mengenai sejarah itu sangat penting untuk berbagai keperluan. Utamanya jangan sampai riwayat suatu daerah atau desa tidak diketahui oleh generasi berikutnya. Kalau sudah disimpan di arsip, bila sewaktu-waktu membutuhkan tentunya masih ada,” ujar Basyir belum lama ini.

Program yang telah berjalan pembentukan atau pembuatan buku sudah berjalan sejak 2017 dan menghasilkan 8 buku.

“Rencananya tahun ini akan menggarap penelusuran ke desa-desa di wilayah Kecamatan Rancah dan Lakbok di tahun 2025,” ucapnya.

Dalam penelusuran sejarah itu, Dispusip Ciamis pun berkoordinasi dengan kecamatan, untuk kemudian sosialisasi dengan desa.

“Tergantung desanya, sosialisasi kerja sama. Kalau ada desa yang telah menyusun buku bisa koordinasi dengan kami. Buku itu berisi tentang cikal bakal desa, situs-situs, tradisi dan apa saja yang ada di desa tersebut,” jelasnya.

Dispusip Ciamis pun berharap desa-desa di Kabupaten Ciamis untuk turut aktif dalam memperkaya arsip statis penelusuran sejarah tersebut. Mengingat masih ditemukan kendala dalam penyusunannya. Seperti sumber informasi yang sedikit karena narasumber sudah meninggal dunia, dokumen foto-foto yang belum lengkap dan hal lainnya.

“Intinya kami terus berupaya untuk menambah arsip statis tentang penelusuran sejarah daerah,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Mengenal Tradisi Merlawu Situs Patapan Dipakusumah Sukadana Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tradisi Merlawu di Situs Patapan Dipakusumah di Dusun Citamiang Wetan, Desa Ciparigi, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, kembali dilaksanakan. Kegiatan budaya ini...

Wisatawan Serbu Bendungan Leuwikeris Ciamis saat Libur Maulid Nabi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan wisatawan menyerbu destinasi wisata dadakan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Mereka memilih Bendungan Leuwikeris tujuan alternatif wisata menghabiskan...

KPU Ciamis Gelar Rakor Persiapan Pembentukan KPPS untuk Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis melaksanakan Rakor Persiapan Pembentukan Anggota KPPS untuk Pilkada tahun 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu...

Disdukcapil Ciamis Buka Layanan Adminduk untuk Pemilih Pemula di Kawali

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Pendataan Sipil (Disdukcapil) Ciamis membuka layanan administrasi kependudukan (Adminduk) terutama perekaman KTP elektronik bagi pemilih pemula di Kecamatan...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya