Rabu, Juni 19, 2024

Tingkatkan Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan Ciamis Gelar Lomba Story Telling Tingkat SD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Ciamis menggelar lomba story telling tingkat SD/MI. Lomba itu digelar di Aula STIKes Muhammadiyah, Kabupaten Ciamis, Kamis (30/5/2024).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis Dadan Wiadi menjelaskan lomba bertutur atau story telling ini bertujuan untuk meningkatkan dan menumbuhkan budaya gemar membaca.

Melalui lomba ini, anak-anak dapat membangun karakter, meningkatkan kecerdasan, inovasi dan memiliki sifat kompetitif. Dari lomba ini diharapkan anak-anak juga memiliki kecintaan terhadap budaya daerah.

“Mengangkat dan juga mempopulerkan buku cerita daerah. Dari cerita itu banyak makna dan nilai yang menjadi penyemangat seperti nilai kepahlawanan dan juga kebudayaan bangsa,” jelasnya.

Lomba Story telling ini digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Ciamis yang ke-382 tahun. Lomba tersebut diikuti oleh 27 peserta perwakilan dari masing-masing kecamatan.

“Nantinya peserta terbaik dapat mewakili Ciamis mengikuti lomba ke tingkat Provinsi Jawa Barat,” kata Dadan.

Dadan menjelaskan, tantangan era ini adalah digitalisasi. Di mana anak-anak memilih berlama-lama bermain gadget daripada membaca buku fisik. Sekalipun gadget itu dipakai membaca, tentu ada perbedaan dampaknya. Untuk itu Dinas Perpustakaan Ciamis berupaya sekuat tenaga untuk meningkatkan gemar membaca buku.

“Tentunya dampak dari membaca buku melalui gadget dengan buku fisik akan berbeda. Jadi kami berupaya agar anak-anak gemar membaca buku,” jelasnya.

Sementara itu, Yuliasari Sutisna, Bunda Literasi Ciamis mengapresiasi lomba story telling itu. Ia pun berharap wadah seperti ini digencarkan guna memberikan wadah ekspresi bagi anak-anak dalam mengembangkan bakatnya.

“Jadi ada semangat untuk membaca dan menceritakan cerita-cerita rakyat,” katanya.

Yuliasari pun kagum dengan para peserta yang penuh percaya diri dengan penuh semangat menceritakan cerita rakyat saat lomba. (Ayu/CN/Djavatoday)

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya