Jumat, Oktober 18, 2024

Cara Membuat Batagor Khas Bandung yang Enak dan Praktis

Batagor adalah salah satu kuliner lezat yang sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Batagor atau bakso tahu goreng merupakan jajanan khas Bandung yang kini bisa kamu temukan di berbagai daerah. Dibuat dari ikan yang dihaluskan, ditambah tepung lalu dijadikan isian tahu, baru setelah itu digoreng. Terkenal dengan rasanya yang gurih, batagor biasanya dipadukan dengan saus kacang yang mampu menambah kenikmatannya.

Batagor khas Bandung menjadi jajanan gerobak kaki lima yang harus kamu cicipi saat berkunjung ke sana. Tapi, kamu juga bisa lho, coba buat batagor khas Bandung di rumah. Karena sudah sangat terkenal, kuliner menggiurkan yang satu ini sering kali berseliweran di media sosial. Jika kamu ingin merasakan kelezatannya tapi nggak mau jauh-jauh pergi ke Bandung, cobalah mengolahnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep di bawah ini.

Batagor Khas Bandung yang Enak dan Praktis, Berikut Resepnya!

Batagor khas Bandung atau olahan ikan tenggiri ini dijamin raos dan rasa ikannya dominan! Kamu pasti ketagihan dengan hidangan yang menjadi favorit banyak orang ini. Cara bikinnya juga sederhana, cocok untuk kamu yang baru pertama kali membuatnya. Yuk simak resepnya!

Bahan membuat batagor:

300 gram daging ikan tenggiri 

5 tahu putih

2 butir telur

50 gram tepung tapioka

4 siung bawang putih

1 sdt kaldu jamur

1 sdt gula pasir

2 batang daun bawang

125 ml air es

Kulit pangsit

Bahan membuat bumbu kacang:

150 gram kacang tanah 

6 buah cabai rawit/ cabai keriting merah

2 siung bawang putih

40 gram gula merah yang sudah disisir

½ sdt garam

4 sdm air

6 sdm minyak

Cara membuat:

Step pertama, campurkan ikan tenggiri, tepung tapioka, dan gula pasir.

Haluskan bawang putih serta iris tipis daun bawang, kemudian masukkan ke dalam adonan ikan dan tepung tadi. Tuangkan air es dan kaldu jamur. Aduk hingga tercampur rata.

Tambahkan telur, kemudian uleni.

Jika sudah tercampur rata, ambil satu kulit pangsit untuk diisi adonan ikan sebanyak satu sendok makan saja. Rekatkan pinggiran kulit pangsit agar isiannya tidak keluar. Lakukan hal yang sama dengan kulit pangsit berikutnya. Sisakan adonan untuk mengisi tahu putih yang sudah disediakan.

Potong-potong tahu terlebih dahulu menjadi dua bagian membentuk segitiga. Keluarkan isi tengahnya kemudian masukan adonan ikan. Ulangi proses serupa hingga adonan habis.

Panaskan minyak, lalu goreng batagor dengan api sedang.

Jika sudah matang, angkat batagor dan tiriskan.

Untuk sambalnya, silakan goreng kacang dan bawang putih terlebih dahulu.

Masukkan semua bahan ke dalam blender, kemudian haluskan hingga tercampur. Apabila kamu menginginkan bumbu kacang yang lebih kasar, kamu bisa menguleknya sesuai selera.

Pindahkan batagor ke piring, kemudian tuangkan bumbu kacang ke atasnya dan tambahkan potongan mentimun.

Batagor khas Bandung siap disantap!

Demikian resep batagor khas Bandung yang enak dan praktis. Jangan lupa cobain di rumah ya! (Karin/Djavatoday)

Resep Ayam Kukus Jahe, Menu Andalan untuk Meningkatkan Stamina

Menu andalan kali ini merupakan hidangan ayam yang dimasak dengan cara dikukus bersama jahe beserta bumbu-bumbu aromatik lainnya. Ayam kukus jahe ialah masakan sehat...

Aneka Resep Pepes Rumahan yang Lezat dan Mudah Dibuat

Aneka resep pepes dalam artikel kali ini wajib banget kamu recook di rumah. Pepes memang merupakan makanan khas rumahan yang gak akan gagal menggugah...

Tips Mengatasi Rasa Lapar Saat Tengah Malam, Gak Bikin Berat Badan Nambah!

Lapar saat tengah malam bisa disebabkan oleh kebiasaan makan berlebihan, termasuk mengonsumsi makanan tinggi gula pada malam hari sebelum tidur. Kondisi ini cukup mengganggu...

Enak dan Sehat! Ini Dia 5 Cara Praktis Membuat Dressing Salad

Banyak orang yang kini memilih mengonsumsi salad sebagai alternatif untuk mendukung pola makan yang sehat. Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan rendah...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya