Jumat, Oktober 18, 2024

Pemkab Tasikmalaya Berencana Tambah 4 OPD Baru

Berita Tasikmalaya (Djavatoday.com),- Pemkab Tasikmalaya rencananya akan menambah 4 OPD atau organisasi perangkat Daerah baru. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen.

Zen menjelaskan, penambahan 4 OPD tersebut sudah dalam tahap pembahasan. Tujuan dari penambahan OPD Baru itu untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Rencana penambahan 4 dinas baru ini bukan keinginan tapi karena kebutuhan,” ungkapnya.

Zen menerangkan sejumlah OPD yang akan dimekarkan sehingga menjadi 4 dinas baru. Yakni, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK). Kedua, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP).Ketiga, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP).

Terakhir, Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPUTRPRKPLH).

”Misalnya ketenagakerjaan itu saat ini digabung menjadi bidang di DPMPTSPTK. Hal ini di satu sisi itu cukup berat, karena kita bisa mengukur kapasitas. Sebab, kalau terlalu gemuk maka kurang maksimal,” ujarnya.

Menurut Sekda Zen, dulu OPD ada 28 dan kemudian dirampingkan menjadi 20. Sekarang rencana akan ditambah menjadi 24 OPD.

”Hal tersebut, masih ideal. Sebab, jumlah penduduk sebanyak 1,9 juta jiwa, luas wilayah cukup luas ada 351 desa,” tuturnya.

Oleh karena itu, menurut dia, dengan jangkauan luas penduduk cukup banyak, maka perlu adanya keseimbangan OPD yang mengurusnya.

Saya berharap dengan bertambahnya empat OPD baru ini, pembangunan di Kabupaten Tasikmalaya bisa berjalan lebih maksimal lagi sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya,” jelasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Deklarasi Pilkada Damai Tasikmalaya, Tiga Paslon Berkomitmen Jaga Etika Kampanye

Berita Tasikmalaya (Djavatoday.com),- Tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya mengikuti Deklarasi Pilkada Damai yang digelar oleh Polres Tasikmalaya pada Kamis (17/10/2024). Acara ini...

Antusiasme Pelajar SD di Tasikmalaya Mengikuti Program Makan Siang Gratis

Berita Tasikmalaya (Djavatoday.com),- Ratusan pelajar Sekolah Dasar Negeri Satu Sukapura dan Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dengan antusias mengikuti program...

Rekonstruksi Pembunuhan Perempuan dalam Karung di Tasikmalaya: Tersangka Peragakan 65 Adegan

Berita Tasikmalaya (Djavatoday.com),- Polres Tasikmalaya menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan tragis Purnama Siahaan, seorang perempuan lanjut usia yang jasadnya ditemukan dalam karung di Sungai Cipinaha,...

Kasus Perundungan Pelajar di Tasikmalaya, Polisi Ungkap Fakta di Balik Video Viral

Berita Tasikmalaya (Djavatoday.com),- Kasus perundungan fisik yang melibatkan pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTS) di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, kini telah ditangani oleh Unit Perlindungan Perempuan...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya