Jumat, September 20, 2024

Disdukcapil Ciamis Serahkan Adminduk ke Pasangan Pengantin

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Ciamis menyerahkan Administrasi Kependudukan kepada pasangan pengantin.

Penyerahan Adminduk kepada pasangan pengantin tersebut merupakan inovasi Pelaminan Pengantin atau Pelayanan Adminduk bagi pasangan pengantin.

Adapun administrasi kependudukan yang diserahkan itu yakni berupa Kartu Keluarga (KK) dan juga KTP elektronik.

Penyerahan Pelamin Pengantin ini diserahkan setelah pasangan pengantin melakukan akad. Keduanya langsung menerima KK serta KTP dengan perubahan status kawin.

Kepala Disdukcapil Ciamis, Yayan M Supyan mengatakan, inovasi Pelaminan Pengantin ini diluncurkan sejak tahun 2022 lalu.

Selama 2 tahun berjalan, inovasi Pelaminan Pengantin ini sudah banyak memberikan kemudahan bagi pasangan pengantin di Kabupaten Ciamis.

“Kalau dulu menikah itu harus mengurus dokumen nikah dulu, lalu setelah itu dokumen kependudukan. Tapi sekarang mudah, setelah nikah bisa langsung dokumen kependudukan,” katanya, Kamis (20/6/2024).

Menurutnya, kali ini setiap pasangan pengantin ketika akan menikah itu harus lapor ke KUA. Kemudian harus melaporkan pisah KK karena persyaratan perkawinan untuk ke Disdukcapil Ciamis.

“Selanjutnya nanti setelah melalui verifikasi operator kami akan menerbitkan dokumen kependudukan,” tuturnya.

Yayan berharap dengan adanya inovasi Pelaminan Pengantin ini, pasangan pengantin baru tidak perlu ribet lagi dalam hal mengurus dokumen kependudukan setelah menikah.

“Kita juga harapkan agar pasangan pengantin tidak perlu repot mengurus sendiri dokumen kependudukan ke kantor Disdukcapil,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Apel Gelar Pasukan Jelang Pilkada, Pj Bupati Ciamis Tegaskan Pentingnya Sinergi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, mengikuti apel gelar pasukan dalam upaya mendukung pelaksanaan pilkada serentak yang aman dan tertib di Kabupaten...

World Cleanup Day, Pegawai DPUPRP Ciamis Bersihkan Sungai Cileueur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pegawai Dinas PUPRP Ciamis ramai-ramai turun ke Sungai Cileueur yang ada di tengah perkotaan Ciamis, Kamis (19/9/2024) siang. Mereka bersihkan berbagai...

Sejoli Cekoki Bayi Hasil Hubungan di Luar Nikah dengan Obat Penggugur Kandungan hingga Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejoli, perempuan CSR (20) dan pria DM (21) diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Sejoli ini diduga membunuh bayi dari hasil hubungan di...

Stabilisasi Pangan, Pj Bupati Ciamis Lakukan Gerakan Tanam Padi di Sindangkasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka menjaga stabilitas pangan, Pj. Bupati Ciamis, Engkus Sutisna melakukan gerakan tanam padi bersama masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya