Minggu, September 8, 2024

Disnakkan Ciamis Lakukan Penebaran Bibit Ikan di Perairan Umum

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis melakukan penebaran bibit ikan (Restocking) di perairan umum.

Kali ini, Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis atau menebarkan bibit ikan sebanyak puluhan ribu bibit ikan berbagai jenis di perairan Situ Jambansari Ciamis, Rabu (5/6/2024).

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis, Giyatno mengatakan, kegiatan Restocking atau penebaran bibit ikan.

Adapun kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengembalikan ekosistem yang ada di perairan.

“Iya jadi Restocking itu untuk mengembalikan ekosistem di perairan baik itu di sungai, danau maupun situ dan mengembalikan fungsi lingkungan yang ada di perairan,” katanya.

Menurutnya, selain di Situ Jambansari, pihaknya juga telah melakukan Restocking di perairan Panjalu, Cisaga dan Situmandala Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis.

“Tadi di Jambansari ada sebanyak 20 ribu ekor, lalu di Panjalu 50 ribu ekor, jenis ikannya itu ikan nila dan tawes,” tuturnya.

Giyatno menyebut, selain untuk menjaga ekosistem perairan. Fungsi Restocking juga untuk menambah populasi ikan serta meningkatkan hasil produksi ikan penangkaran.

“Kemudian juga untuk meningkatkan kesejahteraan sekitar perairan dan juga menciptakan lumbung pangan,” ucapnya.

Giyatno berharap dengan adanya Restocking atau penebaran bibit ikan ini, masyarakat bisa menjaga ekosistem di perairan yang ada di wilayahnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya Restocking atau penebaran bibit ikan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Pesona Keindahan Waduk Leuwikeris di Obyek Wisata Karang Hantu Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah Bendungan Leuwikeris diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Kabupaten Ciamis kini memiliki destinasi wisata baru. Pesona keindahan waduk Leuwikeris pun bisa...

Vokalis Band Repvblik Kecelakaan Tunggal saat Kendarai Moge di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ruri vokalis band Republik mengalami kecelakaan tunggal saat mengendarai motor gede (moge) di Jalan Nasional, tepatnya Dusun Kidul, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten...

Dedi Mulyadi Punya Program Bale Warga, Ini Fungsinya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bakal calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi silaturahmi dengan sejumlah kepala desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Ciamis. Silaturahmi itu dilaksanakan...

Kincir Air Jadi Andalan Warga Kertaharja Ciamis saat Kemarau Atasi Kekeringan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Petani di Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, memanfaatkan kincir air dari aliran Sungai Cisepet yang dibuat secara gotong royong untuk...
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas

Terpopuler

Lainnya