Jumat, Oktober 18, 2024

Cara Mengatasi Printer Bergaris, Lakukan 5 Tips Ini!

Cara mengatasi printer bergaris pada artikel kali ini akan membantu anda untuk mengembalikan hasil print agar tercetak dengan baik. Printer merupakan alat pencetak file baik itu dokumen ataupun video. Layaknya barang elektronik lain, printer juga pasti mengalami kendala atau eror. Salah satu eror yang sering terjadi pada printer adalah hasil cetak yang terlihat bergaris.

Printer yang mengalami masalah ini akan sangat menganggu. Hasil cetak menjadi tidak jelas atau bahkan tidak terlihat sama sekali. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hasil printer yang bergaris. Simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Cara Mengatasi Printer Bergaris

Berikut beberapa cara mengatasi printer bergaris.

Periksa encoder

Cara mengatasi printer bergaris yang pertama yaitu dengan memastikan encoder dalam keadaan yang baik. Encoder adalah bagian belakang catridge yang berbentuk seperti mika. Bagian ini berfungsi sebagai sensor sehingga apabila bagian ini rusak atau eror maka hasil print tidak akan sempurna.

Periksalah encoder, pastikan sensor printer ini dalam keadaan yang bersih. Apabila terlihat kotor, kamu bisa membersihkannya dengan tisu. Gunakan tisu yang berbahan halus karena bagian sensor cukup sensitif.

Setelah dibersihkan, kamu bisa memasang kembali catridge dan coba print ulang. Jika masih bergaris, cobalah untuk merendam encoder di dalam air hangat. Tunggu hingga encoder benar-benar kering lalu pasang kembali. Kemudian coba print ulang.

Periksa catridge

Catridge menjadi salah satu bagian printer yang paling penting. Catridge berfungsi sebagai tempat menyimpan tinta printer. Oleh sebab itu keadaan catridge sangat memengaruhi hasil cetak.

Apabila hasil cetaknya bergaris maka bisa jadi ada tinta yang menggumpal di dalam catridge. Jika hal ini terjadi kamu bisa mengatasinya dengan cara merendam head catridge dengan air hangat. Setelah itu, tunggu sampai kering dan pasang kembali catridge ke dalam printer. Print ulang dan lihat hasilnya.

Isi tinta

Cara mengatasi printer bergaris yang berikutnya yaitu dengan mengisi kembali tinta. Hasil cetak yang bergaris bisa saja terjadi karena tinta dalam catridge sedikit atau sudah mengering. Maka dari itu isilah kembali tinta catridge sesuai dengan kegunaan. Pastikan kamu menggunakan tinta yang sesuai dengan jenis printer agar tidak merusak catridge.

Lakukan head cleaning

Jika cara-cara di atas masih tidak membantu, kamu bisa melakukan head cleaning pada perangkat printer melalui komputermu. Caranya yaitu pergi ke pengaturan dan search printer. Klik printers & scanners kemudian pilih nama printer yang ingin kamu perbaiki.

Setelah itu, pilih opsi printer properties. Pilih maintenance dan klik bagian cleaning atau deep cleaning. Printer akan melakukan pembersihan pada bagian catridge. Tunggu sampai proses pembersihan selesai barulah kamu bisa mengeceknya kembali.

Ganti catridge

Cara mengatasi printer bergaris yang berikutnya yaitu dengan mengganti catridge. Cara ini adalah cara terakhir namun paling ampuh untuk mengembalikan hasil printer dengan baik. Perlu diingat bahwa catridge juga memiliki berbagai macam jenis. Pilihlah catridge berdasarkan spesifikasi printermu.

Itulah cara mengatasi printer bergaris yang bisa kamu coba lakukan. Semoga artikel ini dapat membantumu, ya. (Ume/Djavatoday)

Pemanfaatan AI dalam Berbagai Sektor Teknologi: Inovasi yang Mengubah Dunia

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah menjadi salah satu inovasi teknologi yang paling penting dalam era digital. Pemanfaatan AI tidak hanya terbatas pada...

5 Aplikasi Pendingin HP untuk Android dan Tersedia di Play Store

Aplikasi pendingin HP dibutuhkan untuk menjaga agar HP tetap dalam keadaan suhu normal. Tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi HP panas memang kerap datang, apalagi...

5 Cara Mengatasi HP Panas yang Ampuh dan Efektif

Cara mengatasi HP panas memang perlu dipahami oleh setiap pengguna alat elektronik ini. Pada dasarnya kondisi HP panas memang umum terjadi, bahkan hampir pada...

5 Dampak Negatif Terlalu Lama Menggunakan Headset yang Harus Kamu Waspadai

Terlalu lama menggunakan headset berisiko terhadap rusaknya pendengaran. Meski menyenangkan, kamu tetap harus mengurangi penggunaan headset untuk mencegah terjadinya dampak negatif yang bisa mengganggu...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya