Jumat, Oktober 18, 2024

11 Desa di Kecamatan Panawangan Ciamis Berstatus Mandiri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, meningkat. Dari 18 desa, sebanyak 11 desa sudah berstatus mandiri. Sedangkan 7 desa sisanya masih berstatus desa maju.

“Keberhasilan membangun desa ini berkat kolaborasi, sinergi dan kerja sama seluruh aparatur pemerintahan dari desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi. Terutama partisipasi masyarakat,” ujar Kusdinar, Camat Panawangan, Kamis (16/5/2024).

Kusdinar menargetkan pada tahun 2025, IDM Kecamatan Panawangan terus meningkat hingga seluruhnya berstatus desa mandiri.

Untuk itu, Kusdinar mengajak semua pihak untuk terus kompak antara kepala desa dan masyarakat serta stakeholder selalu mengadakan dialog. Paling tidak setiap tiga bulan sekali karena untuk naik status itu perlu proses.

Kusdinar berharap melalui kegiatan dialog tersebut dapat memperkuat kinerja pembangunan. Juga mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan di desa.

“Untuk mencapai target di tahun 2025 semua desa menjadi status desa mandiri, kita terus melakukan kordinasi serta pembinaan pada setiap desa,” ungkapnya.

Kusdinar pun mengajak semua pihak untuk memperkuat pembangunan partisipatif yang mengarah pada perbaikan sistem pendampingan dan peningkatan kapasitas masyarakat.

“Termasuk memperkuat koordinasi, supervisi, monitoring, dan evaluasi. Untuk peningkatan desa mandiri, yakni dari segi sosial, ekonomi dan lingkungan ( ekologi),” jelas Kusdinar.

Pembinaan dilakukan pada semua desa, bukan saja yang masih bersetatus desa maju, tetapi desa yang sudah mandiri juga terus dilakukan pembinaan.

“Kita terus melakukan upaya pembinaan pada semua desa. Tidak hanya pada desa yang sudah berstatus mandiri,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

7 Armada Damkar Padamkan Pabrik yang Terbakar di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik pengolahan kayu yang berada di Dusun Cibaregbeg, Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis terbakar. Kejadian kebakaran tersebut terjadi pada Kamis (17/10/2024)...

Kebakaran Hutan di Desa Cimaragas Ciamis, Diduga Akibat Puntung Rokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 11.00 WIB. Menurut laporan awal,...

Cagub Jabar Nomor Urut 2, Jeje Wiradinata Janjikan Revitalisasi Pasar Saat di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata, melakukan kampanye di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024). Salah satu fokus kunjungan...

Simulasi Gempa Magnitudo 7,3 di Ciamis: Sekda Terjebak, Pegawai Luka-Luka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Simulasi penanganan bencana gempa bumi besar digelar di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi gempa megathrust. Simulasi tersebut...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya