Senin, Mei 13, 2024

KPS Cijolang Ajak Warga Jaga Sungai Cijolang di Panawangan Ciamis dari Sampah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ketua Komunitas Peduli Sungai (KPS) Cijolang Deden Hidayat mengajak semua pihak untuk menjaga Sungai Cijolang Panawangan, Kabupaten Ciamis dari oknum yang membuang sampah sembarangan.

Menurutnya, saat ini tumpukan sampah masih ditemukan mencemari Sungai Cijolang hulu. Tepatnya di sepanjang jalur wilayah Desa Sadapaingan, Kecamatan Panawangan.

Sampah itu berupa plastik, Styrofoam, dan juga sampah bekas es kelapa muda. Deden menyebut Sungai Cijolang merupakan sumber kehidupan warga, terutama untuk mengairi sawah.

Deden mengaku beberapa kali melakukan survei terhadap keberadaan sumber daya alam di sungai Cijolang. Menurutnya kondisinya sangat memprihatinkan.

“Tidak pernah ada keseriusan dari pemerintah dalam menangani masalah ini. Juga kesadaran masyarakat kurang. Padahal dampak sampah terhadap sungai dapat menimbulkan bencana, seperti banjir dan pencemaran,” ujarnya, Rabu (6/3/2024).

Deden menyebut, menjaga sungai dan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Tidak hanya oleh komunitas dan pelestari lingkungan saja, melainkan semua pihak dapat bekerja sama.

“Dulu Sungai Cijolang hulu tercemar limbah pabrik tepung tapioka. Tapi sekarang sudah terbebas 95 persen dari limbah pabrik tapioka,” ucapnya.

Menurutnya, Sungai Cijolang yang berada di pinggir jalan Nasional menjadi sasaran pada oknum untuk membuang sampah.

“Yang buang sampah itu bukan warga sini, tapi orang lewat dari luar daerah lalu buang sampah ke sungai,” ungkapnya.

Deden pun mengaku pernah memergoki orang yang membuang limbah pasar dan limbah sabut kelapa. Ternyata oknum itu ternyata bukan warga Panawangan.

Ketika sungai bersih, maka dapat meningkatkan keanekaragaman fauna. Seperti dengan menanam benih ikan.

“Kami dari KPS Cijolang hulu pernah menyampaikan permohonan untuk peninjauan dan perbaikan terhadap BBWS Citanduy dan DPUPRP Kabupaten Ciamis. Ada 1 kali peninjauan di akhir tahun 2023. Semoga dari hasil peninjauan itu menjadi bahan pertimbangan yang sangat serius di tahun 2024 ini,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

Upaya Dinas Pariwisata Ciamis Antisipasi Pungli di Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata Ciamis pun berupaya untuk melakukan pencegahan terhadap pungutan liar (pungli di berbagai obyek wisata di Ciamis. Baik yang dikelola...

Dua Pemuda di Ciamis Meninggal Dunia Tenggelam di Sungai Ciseel

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua orang pemuda Egi (29) dan Rizki Riza (29) dikabarkan tenggelam saat berenang di Sungai Ciseel, Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten...

Kalahkan Persikasi 1-0, PSGC Ciamis Raih 3 Poin Pertama di Babak 32 Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis berhasil mengalahkan Persikasi Bekasi dengan skor tipis 1-0. Pertandingan ini merupakan laga pertama grup 3 Liga 3 Nasional babak...

Dandim Ciamis Dampingi Dirjen Tanaman Pangan Kementan Gerakan Panen dan Tanam Padi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Afiid Cahyono, bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis Selamet Budi Wibowo mendampingi Dirjen tanaman...

Terpopuler

Lainnya