Kamis, Mei 16, 2024

Semangat Toleransi, Koramil 1301 Ciamis dan Warga Lintas Iman Aksi Bebersih Lingkungan Gereja

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah anggota TNI Koramil 1301 Ciamis bersama warga lintas iman gotong royong aksi bebersih di lingkungan Gereja Katolik Santo Yohanes Ciamis, Sabtu (18/11/2023). Kegiatan tersebut bertajuk Giat Sabtu Kasih Sayang.

Berbekal perlengkapan tempur kebersihan yang dibawa masing-masing, 35 orang warga dan anggota Koramil 1301 membersihkan sampah-sampah yang ada di lingkungan gereja. Mereka nampak bersuka cita melakukan aksi bebersih tersebut.

Giat Sabtu Kasih Sayang ini dimulai pukul 07.00 dengan diawali apel singkat yang dipimpin oleh Pelda Rahmat Komarudin sebagai Babinsa Kelurahan Ciamis. Turut mendampingi juga Romo Mikael sebagai Kepala Gereja St. Yohanes.

Turut hadir juga Ketua RW setempat Asep sekaligus ketua DKM Masjid Al-Mujahidin. Romo Gatot sebagai perwakilan dari Gereja Katolik menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota Koramil 1301 atas ajakan persaudaraan dan kebersamaan ini.

Babinsa Kelurahan Ciamis Pelda Rahmat Komarudin mengatakan anggota TNI yang terlibat dalam aksi bebersih lingkungan gereja ini sebanyak 10 orang. Kemudian hasil komunikasi dengan RW setempat, langsung mendapat respons positif. Sejumlah warga pun turut berpartisipasi bersama TNI.

“Dalam aksi ini menunjukan bahwa kerukunan Kampung Lebak ini nyata adanya. Kami sebetulnya tidak mewajibkan masyarakat ikur terlibat. Tapi ternyata mereka juga berinisiatif untuk ikut bebersih di area lingkungan Gereja Santo Yohanes,” ungkap Pelda Rahmat.

Kepala UPTD Kebersihan Ciamis Ismail Suangga mengatakan pihaknya pun turut menerjunkan tim kebersihan guna mendukung aksi tersebut.

Diharapkan ini semakin menumbuhkan sikap toleransi dan persaudaraan dalam keberagaman. Meskipun kegiatannya sederhana hanya bebersih lingkungan, namun memberikan dampak yang luar biasa dalam membangun masyarakat yang rukun.

Pengurus Gereja Katolik Santo Yohanes Ciamis Romo Garut pun mengucapkan terima kasih kepada Koramil Ciamis yang menginisiasi aksi bebersih tersebut. Juga terima kasih kepada warga yang ikut terlibat dalam kegiatan Sabtu Kasih Sayang ini.

“Ini sebagai ungkapan kasih sayang yang nyata, mau ambil bagian membersihkan tempat ibadah sesamanya meski berbeda agama, salam toleransi,” katanya. (CN/Djavatoday)

Raih Hasil Imbang Atas Persip Pekalongan 3-3, PSGC Ciamis Lolos ke 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - PSGC Ciamis lolos ke babak 16 besar Liga 3 Nasional. Dalam laga terakhir di grup 3, PSGC Ciamis berhasil mengimbangi...

Siswa SMA Informatika Ciamis Dapat Motivasi Kehidupan dari Dirut Pesona Kahuripan Angga Budi Kusuma

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan siswa SMA Informatika Ciamis mendapat motivasi kehidupan dari Dirut Pesona Kahuripan Angga Budi Kusuma. Motivasi dari pengembang rumah bersubsidi terbesar...

Pj Bupati Ciamis Lepas Penyaluran Beras Pemerintah Bantuan Pangan 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna melepas penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan 2024 Kabupaten Ciamis tahap dua alokasi April-Juni. Pelepasan...

Soal Studi Tur, Pj Bupati Ciamis Ingatkan Sekolah Selektif Tentukan Jasa Angkutan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tragedi bus terguling yang merenggut nyawa 11 siswa studi tur yang terjadi di Subang menjadi perhatian semua pihak. Seperti Pj Bupati...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya