Rabu, Mei 15, 2024

Damkar Ciamis Gerak Cepat Atasi Kebakaran Lahan di Karangkamulyan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kebakaran lahan terjadi di Rest Area Situs Ciung Wanara, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Rabu (27/9/2023). Petugas Damkar Ciamis dan BPBD Ciamis pun gerak cepat melakukan pemadaman.

Kepala Desa Karangkamulyan Uus Uswandi menuturkan warga melihat ada kobaran api pada lahan sekitar Rest Area Ciung Wanara. Warga pun kemudian laporan karena khawatir akan membesar dan merembet ke permukiman.

Warga sempat mencoba berjibaku memadamkan api dengan alat seadanya. Kondisi musim kemarau dan kering membuat api terus merembesar. Pemerintah Desa Karangkamulyan dan warga pun kemudian menghubungi Petugas Damkar Ciamis.

“Lahan kering karena musim kemarau dan angin besar membuat api terus merembet. Kejadiannya siang pukul 13.30 WIB. Kami pun langsung melapor ke Damkar Ciamis dan BPBD supaya dapat memadamkan api,” ujar Uus.

Selang 10 menit setelah laporan, Damkar Ciamis pun langsung tiba di lokasi kebakaran. Petugas langsung dengan sigap memadamkan api yang membakar lahan.

“Respons cepat dari Damkar Ciamis, baru 10 menit laporan sudah sampai lokasi dan memadamkan api,” jelasnya.

Uus menduga kebakaran lahan tersebut penyebabnya dari puntung rokok. Beruntung api dapat segera padam dan tidak merembet ke permukiman dan obyek lainnya.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan. Jangan membakar sampah, pada musim kemarau ini potensi kebakaran cukup tinggi, seperti yang terjadi kali ini,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pj Bupati Ciamis Lepas Penyaluran Beras Pemerintah Bantuan Pangan 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna melepas penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan 2024 Kabupaten Ciamis tahap dua alokasi April-Juni. Pelepasan...

Soal Studi Tur, Pj Bupati Ciamis Ingatkan Sekolah Selektif Tentukan Jasa Angkutan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tragedi bus terguling yang merenggut nyawa 11 siswa studi tur yang terjadi di Subang menjadi perhatian semua pihak. Seperti Pj Bupati...

4 Cabor Ciamis Berhasil Lolos ke Popda Jabar 2025

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- 4 dari 8 cabang olahraga (cabor) yang diikuti atlet Kabupaten Ciamis dalam Popwilda 2024 berhasil lolos dan berhak ikut dalam Popda...

Jelang Idul Adha, Pj Bupati Ciamis Sidak Pasar Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang Idul Adha, Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna melakukan sidak ke sejumlah pasar, Senin (13/5/2024). Sidak tersebut bertujuan untuk mengendalikan inflasi. Ada...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya