Sabtu, Mei 18, 2024

DPRKPLH Ciamis dan Universitas Telkom Kolaborasi Digitalisasi Pengelolaan Bank Sampah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis berupaya menerapkan digitalisasi pada pengelolaan bank sampah di Ciamis.

Sekretaris DPRKPLH Ciamis Giyatno mengatakan dalam digitalisasi pengelolaan bank sampah ini pihaknya menggandeng akademisi.

“Berupaya agar bank sampah di Ciamis bisa lebih profesional lagi. Memudahkan dalam memberikan laporan dan memudahkan bank sampah dalam mengelola sampah terutama dalam hal administrasi,” katanya, Sabtu (16/9/2023).

Sebelumnya, Ciamis juga telah menerima sejumlah kotak sampah pintar dari Universitas Telkom. Kotak sampah pintar berbasis digital ini memiliki sensor yang dapat membaca sampah botol plastik. Orang yang membuang sampah dapat menggunakan aplikasi.

Sementara itu, Dosen Universitas Telkom Putra Fajar Alam mengatakan dalam program pengabdian masyarakat ini memberikan solusi untuk pengelolaan sampah di Ciamis. Salah satunya dengan aplikasi persampahan secara daeingbatau digital.

Aplikasi tersebut untuk memudahkan bank sampah, tidak hanya pencatatan tapi dapat terkoneksi dan terintegrasi.

“Kami punya aplikasi Smash atau sistem online manajemen semampah. Di mana sistem ini, bank sampah menggunakan aplikasi berbasis android gratis dan disitu dapat mencatat transaksi di bank sampah. Mengelompokkan sampah sesuai kategori, data nasabah, transaksinya tercatat semua dan terhubung secara nasional,” jelasnya.

Aplikasi pengelolaan sampah tersebut dapat menghubungkan antara bank sampah, nasabah, pemerintah daerah hingga perusahaan. Ini juga menjadi salah satu pendukung program smart city.

Ada pun keuntungan pengelolaan sampah secara digital, yakni mengelola data-data yang ada di bank sampah. Bisa membuka peluang kerja sama dengan industri sekaligus dengan program bantuan CSR dan pembinaan.

“Bisa tahu di Ciamis sudah berapa nih sampah yang dikelola dan yang terkumpul. Pemerintah daerah juga dapat melihat bank sampah yang performanya bagus, jadi lebih akuntabel dan transparan,” jelasnya.

Akademisi Universitas Telkom pun siap melakukan pendampingan agar digitalisasi pengelolaan sampah di Ciamis ini bisa diimplementasikan secara menyeluruh. (Ayu/CN/Djavatoday)

Bangunan Laboratorium IPA SMP di Pamarican Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap bangunan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, ambruk. Peristiwa itu terjadi ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat...

Ini Lawan PSGC Ciamis di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSSI telah melakukan drawing atau pembagian grup babak 16 besar Liga 3 Nasional. PSGC Ciamis masuk dalam grup 2 bersama Persiku...

KPU Ciamis Lantik 135 PPK untuk Pilkada 2024, Sebanyak 70 Persen Wajah Lama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis melantik 235 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas untuk Pilkada 2024. Pelantikan dilaksanakan di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis,...

Petani Gerba Ciamis Masih Pakai Kerbau untuk Bajak Sawah, Ini Alasannya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Di era modern ini, para petani di Desa Gerba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, masih memanfaatkan kerbau untuk membajak sawah. Bukannya tak...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya