Jumat, Oktober 18, 2024

4 Tips Memilih Teman agar Terhindar dari Toxic Friendship

Tips memilih teman perlu kamu lakukan agar tidak terjebak dalam toxic friendship. Lingkungan pertemanan merupakan salah satu hal paling berpengaruh dalam proses perkembangan hidup seseorang. Lingkungan pertemanan yang baik akan membawamu pada masa depan yang baik, begitupun sebaliknya. Itulah mengapa kamu harus bisa memilih teman agar kehidupanmu pun berjalan baik.

Semakin dewasa kamu akan semakin sulit memiliki teman yang selalu ada. Apalagi di zaman sekarang sangat sulit menemukan teman yang tulus. Namun bukan berarti kamu tidak bisa menemukannya sama sekali, lho. Kamu bisa menemukan teman di mana saja dan kapan saja.

Semakin sering kamu mengikuti kegiatan di luaran sana maka semakin banyak orang yang kamu temui. Dengan begitu, kesempatanmu menemukan teman yang baik pun akan lebih banyak jika dibandingkan dengan hanya berdiam diri di rumah. Namun kamu juga perlu memilah kira-kira teman mana yang bisa menuntunmu menuju kehidupan yang lebih baik.

Tips Memilih Teman yang Tepat

Berikut tips memilih teman yang tepat agar kamu dapat terhindar dari toxic friendship. Yuk perhatikan!

Pilih teman yang dapat membantumu berkembang

Tips memilih teman yang pertama yaitu pilihlah teman yang dapat membantu hidupmu untuk terus berkembang. Teman yang baik adalah teman yang ingin mencapai kesuksesan secara bersama-sama. Ia tidak akan pernah merasa cemburu dengan segala bentuk pencapaian yang telah berhasil kamu raih. Sebaliknya, ia pasti akan selalu merasa bangga terhadapmu.

Pilih teman yang bisa menghargai pendapat dan keputusanmu

Meskipun telah berteman sejak lama, tak menutup kemungkinan kamu dan temanmu memiliki perbedaan pendapat. Perbedaan tersebut bukanlah satu halangan yang dapat membuat pertemanan kalian berantakan. Alangkah lebih baik jika kalian sama-sama menghargai pendapat teman kalian masing-masing.

Memiliki teman yang bisa mengerti setiap pendapat dan keputusanmu membuatmu merasa dihargai. Dengan begitu maka kamu tidak akan pernah merasa terbebani. Kamu juga akan lebih terbuka dalam menceritakan setiap hal kepada temanmu ini.

Pilih teman yang tulus dan dapat dipercaya

Tips memilih teman yang selanjutnya yaitu pilihlah teman yang dapat menjaga kepercayaan yang kamu berikan. Teman yang dapat menjaga kepercayaan pasti memiliki hati yang tulus. Ia tidak akan berniat meninggalkanmu, apalagi mengkhianatimu.

Mendapatkan teman yang tulus dan dapat dipercaya sangatlah sulit. Maka dari itu, jika kamu telah berhasil menemukannya maka jagalah ia. Kamu juga harus memberikan feedback yang sama baiknya agar hubungan pertemananmu semakin positif.

Hindari teman yang suka bergosip

Orang yang suka bergosip biasanya akan membuat lingkungan memiliki aura yang negatif. Alih-alih menikmati waktu bersama, ia akan mengajakmu terus mengomentari hidup orang lain. Tak jarang ia juga akan menjelekkan orang tersebut di depanmu. Hal ini tentunya akan membuatmu ikut terpengaruh energi negatifnya. Selain itu, bukan hal yang tak mungkin jika kamu juga ikut menjadi bahan gosipnya.

Demikianlah beberapa tips memilih teman yang bisa kamu perhatikan mulai sekarang. Memilih-milih teman bukan berarti kamu sombong, ya. Kamu hanya perlu mengerti mana orang yang bisa kamu ajak untuk berteman dekat dan mana yang hanya sebatas berteman saja. (Ume/Djavatoday)

Tips Mengurangi Overthinking agar Hidupmu Tidak Terasa Berat

Tips mengurangi overthinking pada artikel kali ini akan membantumu menghilangkan hal yang sebenarnya gak perlu kamu pikirkan secara berlebihan. Rasa overthinking memang belakangan menjadi...

5 Keuntungan Menjadi Pengusaha, Mulai dari Cuan Hingga Bentuk Kepribadian Tangguh!

Keuntungan menjadi pengusaha gak hanya tentang cuan loh. Sebagaimana kita tahu bahwa pengusaha memang salah satu pekerjaan yang bisa mencapai omzet puluhan juta. Namun...

Tips Menjaga Kebersihan Kamar Mandi Agar Tak Bau dan Nyaman digunakan

Menjaga kebersihan kamar mandi mungkin terdengar berat dan merepotkan karena perlu tenaga ekstra untuk memerhatikan kondisi lantai, bak mandi, toilet, keran, bahkan dinding. Padahal,...

Cara Mengatasi Rasa Pedas dengan Efektif

Rasa pedas sering kali menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan makanan bercita rasa pedas. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya