Jumat, Oktober 18, 2024

5 Tips Memilih Kosan, Jangan Asal-asalan!

Tips memilih kosan memang sangat penting untuk kalian yang sedang merantau sendirian tanpa ada keluarga yang mendampingi. Sebagai anak rantau tentunya kita menginginkan tempat tinggal yang nyaman dan aman. Maka dari itulah, sebelum memilih kosan kamu harus memastikan bahwa kosan yang kamu pilih ini memiliki kualitas uang sesuai keinginanmu.

Kosan bukan hanya sekadar tempat untuk bernaung dan tidur saja, lho. Lebih dari itu, kosan akan menjadi tempat kamu untuk ‘pulang’ dari berbagai aktivitas yang cukup menguras tenaga. Memilih kosan jangan asal-asalan karena jika kamu tidak nyaman maka hal tersebut bisa juga berdampak buruk pada produktifitas dan psikismu.

Tips Memilih Kosan yang Perlu Kamu Perhatikan

Berikut beberapa tips memilih kosan agar kamu tidak salah pilih. Yuk simak!

Pilih sumber yang terpercaya

Tips memilih kosan yang pertama tentunya dengan memilih sumber informasi yang terpercaya. Apalagi jika kamu hanya mengandalkan media online. Pastikan web atau akun yang kamu rujuk ini kredibel dan anti hoaks. Jangan sampai apa yang tertera di web berbeda jauh dengan kenyataan pada aslinya.

Jika kamu memiliki kenalan yang pernah atau masih tinggal di kosan tersebut, kamu bisa meminta honest review darinya. Jadikan itu sebagai gambaranmu. Jika cocok, kamu bisa langsung datang ke sana untuk mengeceknya sendiri. Dengan begitu maka kamu tidak akan membuang-buang waktu dengan mendatangi satu per satu kosan.

Cek lokasi kos

Lokasi kos juga sangat penting untuk menjadi pertimbanganmu. Sebaiknya pilihlah kosan yang dekat dengan kampus atau tempat kerjamu. Jika kamu memiliki kendaraan pribadi kamu bisa memilih kosan dengan jarak minimal 2-4 km. Sedangkan jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi, pilihlah kosan yang berjarak 500 meter dari kampus atau kantor.

Dengan melihat jarak maka kamu juga bisa mengestimasikan waktu tempuh. Kamu pun akan bisa mengira-kira seberapa lama perjalanan yang harus kamu lakukan agar tidak datang terlambat.

Cek fasilitas kos

Tips memilih kosan berikutnya tidak boleh kamu lupakan nih, Sobat Djava. Sebagai anak kos tentunya kita membutuhkan fasilitas penunjang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pilihlah kosan yang include dengan fasilitas yang memadai.

Beberapa fasilitas yang sangat dibutuhkan di antaranya yaitu kasur, lemari, kamar mandi, WiFi, listrik, dapur, dan sebagainya. Pastikan kamu menanyakannya dengan detail agar tidak ada miss communication antara kamu dan pemilik kos. Kamu juga perlu menilai apakah harga kosanmu sesuai dengan fasilitas yang diberikan atau tidak. Jika tidak, sebaiknya cari lagi kosan yang lebih worth it agar kamu juga tidak merasa rugi.

Pastikan lingkungan kos aman dan nyaman

Sebagai pendatang kamu tentunya akan berhadapan di situasi lingkungan yang berbeda dengan rumahmu. Pilihlah kos yang lingkungannya nyaman dan aman. Bukan hanya di dalam kosannya saja, lho. Kamu juga harus memastikan jalanan sekitar kosanmu aman dan jauh dari kondisi bahaya. Kosan yang aman akan membuatmu nyaman dan terhindar dari rasa was-was.

Cari tahu tentang penghuni dan pemilik kos

Tips memilih kosan yang terakhir yaitu dengan mencari tahu penghuni dan pemilik kos. Lingkungan yang aman juga harus didukung dengan sumber daya manusia yang sehat pula. Pilihlah kosan yang penghuninya bisa diajak hidup rukun sebagai tetangga kamar. Selain itu, kamu juga harus mengetahui bagaimana sikap pemilik kos agar kamu bisa menempatkan dirimu dengan baik.

Itulah beberapa tips memilih kosan yang harus banget kamu perhatikan. Semoga artikel ini dapat membantumu, ya. Selamat merantau dan semoga sukses. (Ume/Djavatoday)

Tips Mengurangi Overthinking agar Hidupmu Tidak Terasa Berat

Tips mengurangi overthinking pada artikel kali ini akan membantumu menghilangkan hal yang sebenarnya gak perlu kamu pikirkan secara berlebihan. Rasa overthinking memang belakangan menjadi...

5 Keuntungan Menjadi Pengusaha, Mulai dari Cuan Hingga Bentuk Kepribadian Tangguh!

Keuntungan menjadi pengusaha gak hanya tentang cuan loh. Sebagaimana kita tahu bahwa pengusaha memang salah satu pekerjaan yang bisa mencapai omzet puluhan juta. Namun...

Tips Menjaga Kebersihan Kamar Mandi Agar Tak Bau dan Nyaman digunakan

Menjaga kebersihan kamar mandi mungkin terdengar berat dan merepotkan karena perlu tenaga ekstra untuk memerhatikan kondisi lantai, bak mandi, toilet, keran, bahkan dinding. Padahal,...

Cara Mengatasi Rasa Pedas dengan Efektif

Rasa pedas sering kali menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan makanan bercita rasa pedas. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya