Jumat, Mei 17, 2024

Pedagang Pasar BMX Ciamis Tutup Setiap Kasus Covid-19 Meningkat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),-  Pedagang pasar BMX Ciamis kembali menutup aktivitasnya pada hari Minggu ini (22/11/2020). Inisiatif ini dilakukan karena kasus Covid-19 di Kabupaten Ciamis mengalami peningkatan, khususnya di Kecamatan Ciamis.

Kepala Disbudpora Ciamis Erwan Darmawan menyatakan untuk saat ini penentuan buka dan tutupnya pasar dadakan itu tergantung para pedagang. Mereka terkoodinir dalam Himpunan Pedagang Kreatif Ciamis (HPKC).

Kembali meningkatnya kasus Covid-19, dengan adanya pasien terkonfirmasi positif baru di Kecamatan Ciamis kini menutup sementara aktivitas perdagangannya. “HPKC Ciamis melakukan langkah ini karena mereka tidak ingin ambil risiko, khawatir terjadi klaster baru,” ucapnya melalui pesan singkat.

Pedagang Pasar BMX Ciamis kerap berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Ciamis. Sehari sebelum berjualan, mereka akan menannakan perkembangan kasus Covid-19. Bila landai, mereka akan membuka aktivitas perdagangan namun dengan melaksanakan protokol kesehatan 3M dengan ketat. Mulai dari menyediakan sarana cuci tangan pada pintu masuk, harus pakai masker dan jaga jarak.

“Mereka sudah berjanji dan berkomitmen untuk ketat menerapkan protokol kesehatan. Setiap pedagang pun menyediakan tempat cuci tangan di lapaknya serta jangan membuka masker saat berada di area parkiran BMX,” ungkap Erwan.

Selain menerapkan Prokes 3M. Para petugas dari HPKC juga selalu mengingatkan para pengunjung melalui pengeras suara agar tak melepas masker. Juga melakukan patroli keliling, dan akan menegur pengunjung maupun pedagang pasar BMX Ciamis yang tidak taat prokes 3M.

“Ketika kasus Covid-19 Kecamatan Ciamis ada kenaikan, pedagang setuju tidak berdagang dulu pada hari Minggu, sementara. Ini adalah upaya terbaik untuk memutus penyebaran Covid-19,” jelas Erwan.

Erwan meminta kepada masyarakat Ciamis untuk memahami kondisi pandemi saat ini.  Dalam beraktivitas di luar rumah untuk selalu memakai masker, termasuk ketika akan ke Pasar BMX ini.

“Harapan kami, masyarakat memahami kondisi ini. Tak selamanya pasar BMX tutup atau buka. Pedagang pasar BMX Ciamis akan menutup dan membuka sesuai hasil kesepakatan tergantung kondisi. Mengikuti arahan dari Satgas Covid-19 Ciamis,” pungkas Erwan. (CN/Djavatoday)

Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai Wakili Ciamis di O2SN Provinsi

Berita Ciamis (Djavatoday.com), Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis menjadi juara 1 O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional) cabang bulutangkis...

Herdiat Sunarya Kembali Jadi Ketua PBVSI Ciamis, Prioritaskan Pembinaan Atlet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herdiat Sunarya terpilih kembali sebagai Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Ciamis masa bakti 2024-2028. Herdiat terpilih secara aklamasi melalui...

11 Desa di Kecamatan Panawangan Ciamis Berstatus Mandiri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, meningkat. Dari 18 desa, sebanyak 11 desa sudah berstatus mandiri. Sedangkan...

Raih Hasil Imbang Atas Persip Pekalongan 3-3, PSGC Ciamis Lolos ke 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - PSGC Ciamis lolos ke babak 16 besar Liga 3 Nasional. Dalam laga terakhir di grup 3, PSGC Ciamis berhasil mengimbangi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya