Minggu, Mei 12, 2024

Kafilah Ciamis Raih Juara III MQK Tingkat Provinsi Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kafilah Kabupaten Ciamis berhasil meraih juara III dalam perhelatan Musabaqah Qiraatul Kutub atau MQK III tingkat Provinsi Jawa Barat. Kegiatan tersebut berlangsung di Kabupaten Bandung.

Sebelumnya, Pemkab Ciamis melepas 48 kafilah di Joglo Barat Pendopo Bupati Ciamis, Minggu (4/6/2023). Hasilnya, para kafilah Ciamis menorehkan prestasi yang membanggakan.

Ketua Kafilah MQK Ciamis KH Nonop Hanafi melalui unggahannya Rabu (7/6/2023) menyampaikan rasa syukur atas prestasi tersebut. Menurutnya perolehan juara III ini sesuai dengan harapan.

“Alhamdulillah ini cukup memuaskan karena telah membuktikan Kabupaten Ciamis telah berhasil menyisihkan perhelatan dengan kabupaten dan kota lainnya,” ungkap KH Nonop.

Meski demikian, pencapaian juara ini bukan merupakan akhir dari pencapaian pembelajaran di pesantren. Dalam perlombaan, kalah dan menang merupakan hal biasa.

Menurut Nonop, lomba MQK ini hanya sebagian dalam proses belajar mengajar dalam pondok pesantren. Hasil ini pun bukan sebagai bukti seberapa jauh pencapaian keberhasilan proses belajar santri.

“Hal paling penting dari pencapaian itu adalah bagaimana bisa dan tetap memakai isi kandungan kitab yang dipelajari. Senantiasa mengamalkan syiar agama untuk keberlanjutan generasi seterusnya,” ucapnya.

Hasil dari perlombaan sudah sepatutnya diterima dengan lapang dada. Lomba ini semata-mata hanya kompetisi uji kelayakan para santri.

KH Nonop juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mengirimkan para pesertanya, KSB, kepengurusan FSPP Pemerintah Kabupaten Ciamis dan seluruh pihak yang terlibat.

“Insyalloh dedikasinya adalah bagian sumbangsih yang akan menjadikan peradaban generasi Islam yang gilang gemilang,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Kalahkan Persikasi 1-0, PSGC Ciamis Raih 3 Poin Pertama di Babak 32 Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis berhasil mengalahkan Persikasi Bekasi dengan skor tipis 1-0. Pertandingan ini merupakan laga pertama grup 3 Liga 3 Nasional babak...

Dandim Ciamis Dampingi Dirjen Tanaman Pangan Kementan Gerakan Panen dan Tanam Padi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Afiid Cahyono, bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis Selamet Budi Wibowo mendampingi Dirjen tanaman...

Jumat Berkah, Para Pengemudi Pemda Ciamis Bagikan Nasi Boks

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Para sopir Pemda Ciamis yang tergabung dalam Komunitas Gabungan Pengemudi Pemda Ciamis (GPPC) membagikan nasi boks melalui kegiatan Jumat berkah, (10/5/20254)....

Silaturahmi Jelang Pilkada, Ketua PAN Ciamis Yana Siap Jadi Pendamping Bupati yang diusung Golkar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Pengurus PAN Ciamis melakukan silaturahmi ke Partai Golkar jelang Pilkada 2024, Kamis (9/5/2024). Dalam kesempatan itu, Ketua DPD PAN Ciamis...

Terpopuler

Lainnya