Senin, April 29, 2024

Rujak Mang Dani di Ciamis yang Hits, Manis Pedas dan Bikin Nagih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah tukang rujak di Ciamis yang kini sedang hits yakni Rujak Mang Dani. Rujak ini banyak disukai oleh warga. Kuliner ini memiliki manis, pedas dan juga bikin nagih.

Rujak Mang Dani berada di Jalan Iwa Kusumasomantri Ciamis, tepatnya di depan SPBU Permata Bunda.

Setiap siang pada hari kerja, banyak pembeli dari para pegawai membeli rujak Mang Dani. Banyak juga yang sengaja datang dari beberapa daerah yang melintas menyempatkan membeli rujak tersebut.

Rujak tersebut memang tidak jauh berbeda dengan rujak lainnya. Yakni potongan buah seperti bengkuang, mangga, kedongdong, pepaya, jambu, belimbing, nanas dan sejenisnya kemudian dibanjur bumbu rujak.

Namun bumbu rujak Mang Dani ini berbeda dari yang lain. Memiliki rasa cenderung manis dan pedasnya pas. Ada juga pilihan bumbu yang tidak pedas.

Harga rujak Mang Dani cukup murah hanya Rp 10 ribu. Jenisnya ada rujak potong dan rujak serut. Bumbunya ada yang pedas dan manis.

“Bumbunya saya racik sendiri dengan komposisi yang disesuaikan dengan orang Ciamis. Manis dan pedas. Gula yang saya pakai asli gula Aren khas Pamarican Ciamis. Tidak pakai gula kelapa, jadi mungkin itu yang bikin beda. Alhamdulillah banyak yang suka,” ujar Dani Solihin warga Cibitung Hilir, Kelurahan Kertasari, Kecamatan Ciamis.

Setiap hari, Dani mampu menghabiskan 6 kilogram gula aren/kawung, serta beberapa jenis buah-buahan masing-masing 5 kilogram. Dalam Sehari, Dani mampu menjual 100 porsi rujak dengan omzet Rp 1 juta/hari.

“Alhamdulillah rata-rata 100 porsi sehari, kadang lebih. Kecuali kalau cuaca hujan itu paling hanya 70 porsi,” ungkap Bapak dua anak.

Dani mengaku telah melakoni berbagai usaha, seperti dagang martabak, gorengan hingga manisan buah. Hingga akhirnya memilih untuk berjualan rujak dengan bumbu racikan sendiri.

“Pembeli rata-rata pegawai kantoran. Tapi warga dari luar juga banyak, seperti dari Banjar, Cisaga, Tasikmalaya,” katanya.

Selain mangkal, Dani pun menerima pesanan rujak buah untuk sedekah 4 bulanan atau acara pernikahan. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dampak Gempa M 6,5 Garut, 2 Rumah di Mekarjaya Ciamis Ambruk dan Rusak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dampak gempa berkekuatan 6,5 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Garut, dua rumah di Desa Mekarjaya, Kabupaten Ciamis ikut terdampak, Sabtu (27/4/2024). Berdasarkan data,...

Cocok untuk Kulit Sawo Matang, Rekomendasi Warna Kebaya Ini Bikin Kamu Tampak Cerah!

Rekomendasi warna kebaya ini bisa menjadi pilihan pas untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang. Warna kebaya menjadi poin yang mesti dilingkari karena berpengaruh...

5 Tips Membuat Artikel Bagi Pemula, Mudah Kok!

Tips membuat artikel sangatlah mudah, loh. Tips ini bahkan bisa diterapkan bagi para penulis pemula. Penasaran gimana caranya? Simak artikel ini sampai akhir, ya. Artikel...

Curug Green Stone Banyumas: Info HTM hingga Alamat

Curug Green Stone Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang memiliki pemandangan indah. Objek wisata ini merupakan satu dari rangkaian Wisata...

Terpopuler

Lainnya