Jumat, Oktober 18, 2024

5 Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat susu kedelai ternyata tak kalah banyak dengan susu sapi, selain rasanya yang enak dan unik, siapa sangka susu kedelai menjadi salah satu minuman kesehatan yang kaya akan protein. Seperti namanya, susu kedelai atau soya milk merupakan jenis susu nabati yang berasal dari olahan atau ekstraksi sari kacang kedelai.

Kandungan yang ada pada susu kedelai dapat membantu pemenuhan kebutuhan gizi manusia. Melansir dari laman detik.com yang mengutip dari repository Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) oleh C. Budimarwanti, susu kedelai mengandung protein dari susunan asam amino yang hampir sama dengan susu sapi.

Jika kita bandingan dengan susu sapi, tentu saja harga susu kedelai jauh lebih murah. Meski harganya murah, manfaat dari susu kedelai tetap bisa menyehatkan tubuh kita semua. Susu kedelai juga bisa dijadikan sebagai pengganti susu sapi untuk kalian yang tidak begitu cocok dengan susu hewani.

Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat susu kedelai yang kami kutip dari berbagai sumber. Yuk cek selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat susu kedelai yang pertama yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu kedelai punya efek menurunkan tekanan darah. Salah satunya yaitu sebuah penelitian yang di lakukan oleh American Journal of Hypertention (2014) yang mencoba membandingkan susu sapi dengan susu kedelai dalam menurunkan tekanan darah.

Dalam penelitian tersebut dihasilkan bahwa susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan dengan susu sapi pada pasien dengan hipertensi ringan hingga sedang. Jadi tak heran jika penderita hipertensi dianjurkan untuk mengkonsumsi susu kedelai untuk membantu menjaga tekanan darah.

Membantu proses pertumbuhan

Susu kedelai cocok dikonsumsi untuk anak-anak yang sedang menjalani fase tumbuh dan berkembang. Hal ini dikarenakan susu kedelai mengandung protein yang bermanfaat dalam memberi nutrisi pada tubuh. Selain bisa memanfaatkan olahan susunya, kamu juga bisa mengkonsumsi biji kedelainya langsung untuk menjadi sumber protein nabati terbaik yang mudah tubuh cerna.

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat susu kedelai yang berikutnya yaitu  dapat dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Susu kedelai baik untuk menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Hal ini dikarenakan susu kedelai mengandung protein dan serat yang tinggi sehingga mampu menjadi suplai energi bagi tubuh.

Selain itu, protein nabati yang terkandung dalam kacang kedelai juga merupakan lemak sehat yang dapat mengenyangkan tubuh. Dengan begitu maka kamu akan terhindar dari rasa lemas akibat diet.

Menurunkan kolesterol

Susu kedelai juga mampu mencegah penyakit kronis seperti kolesterol, stroke, jantung, dan lainnya. Protein yang ada di susu kedelai terbentuk dari asam amino dan isoflavon yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Minuman yang satu ini bisa banget nih buat kamu atau keluarga kamu yang menderita kolesterol agar mengurangi risikonya.

Mencegah osteoporosis

Manfaat susu kedelai yang terakhir yaitu minuman yang satu ini dapat mengurangi risiko terjadinya osteoporosis. Penyakit tulang yang satu ini terjadi karena pengapuran tulang yang biasanya lebih tinggi risikonya pada wanita usia menopause dan usia lanjut.

Selain menjadi sumber protein, susu kedelai juga mengandung kalsium. Kandungan inilah yang nantinya dapat berperan dalam mencegah pengeroposan pada tulang.

Itulah beberapa manfaat susu kedelai yang bisa kamu dapatkan. Yuk mulai konsumsi minuman sehat yang satu ini! (Ume/Djavatoday)

Bisa Merusak Kesehatan Otak, Ini Dia 5 Aktivitas Sepele yang Bikin Kamu Jadi Telat Mikir!

Bisa merusak kesehatan otak, kebiasaan-kebiasaan sepele ini acapkali diabaikan, padahal risikonya cukup mengkhawatirkan. Satu di antaranya yaitu membuat otak menjadi lemot atau telat mikir....

Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Ini Dia 5 Manfaat Bangun Pagi!

Manfaat bangun pagi salah satunya adalah membuat tubuh menjadi lebih segar. Sayangnya, banyak orang yang hanya bangun pagi ketika memiliki jadwal atau tujuan tertentu...

Ini Dia Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan yang Mudah dilakukan 

Mengatasi gangguan kecemasan merupakan upaya menghadapi situasi dengan tenang tanpa adanya rasa khawatir yang berlebihan. Sebab, gangguan kecemasan bisa berakibat buruk terhadap kemampuan seseorang...

Penyebab Sakit Kaki dan Cara Mengatasinya

Sakit kaki adalah keluhan umum yang sering dirasakan oleh banyak orang. Penyebab sakit kaki bisa sangat beragam, mulai dari masalah ringan hingga kondisi serius...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya