Sabtu, Mei 18, 2024

Pemkab Ciamis Akan Bangun Tempat Pengelolaan Sampah 3R di 2 Desa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui DPRKPLH akan membangun tempat pengelolaan sampah 3R (reduce, reuse dan recycle) untuk dua desa, yakni Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis dan Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan.

Kabid Kebersihan Persampahan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis Uus mengatakan sampah merupakan personil laan budaya. Sehingga perlu ada upaya untuk membiasakan masyarakat mengelola sampah. Namun pihaknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat.

“Sekarang hampir setiap desa memiliki bank sampah dan tempat pengelolaan sampah 3R. Ini berkat kolaborasi dan kerja keras semua, baik masyarakat, kelompok, lembaga swadaya dan pemerintah desa,” ungkapnya, Senin (13/3/2023).

DPRKPLH Ciamis pun terus melakukan monitoring lokasi tempat pengelolaan sampah 3R. Mengingat pengelolaannya dilakukan secara swadaya oleh masyarakat. Seperti memilah, memilih dan mengolah menjadi barang berharga dan bernilai ekonomi.

Uus menegaskan keberadaan TPS 3R itu bisa menjadi proyek percontohan. Sehingga lahir TPS 3R lainnya merata di seluruh wilayah Ciamis.

Pembangunan tempat pengelolaan sampah 3R untuk dua desa tersebut merupakan bentukan Pemprov Jabar. Uus pun mengingatkan kepada masyarakat agar dapat memaksimalkan bank sampah.

“Kita dorong terus adanya duplikasi untuk titik-titik lain dan warga juga dapat terus berpartisipasi pada bank sampah,” kata Uus.

Keberadaan bank sampah ini dapat mengurangi beban sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir. Selain itu sampah juga memiliki nilai ekonomis sehingga dapat menjadi penghasilan tambahan untuk masyarakat.

“Masalah sampah Ciamis teratasi sampai 39 persen berkat adanya bank sampah dan TOS 3R,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

KPU Ciamis Lantik 135 PPK untuk Pilkada 2024, Sebanyak 70 Persen Wajah Lama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis melantik 235 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas untuk Pilkada 2024. Pelantikan dilaksanakan di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis,...

Petani Gerba Ciamis Masih Pakai Kerbau untuk Bajak Sawah, Ini Alasannya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Di era modern ini, para petani di Desa Gerba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, masih memanfaatkan kerbau untuk membajak sawah. Bukannya tak...

Bedak Saripohatji, Kosmetik Legendaris di Ciamis yang Masih Bertahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bedak Saripohatji merupakan kosmetik yang legendaris di Kabupaten Ciamis. Pabrik bedak yang dibuat oleh Marijah di tahun 1927 tersebut kini masih...

Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai Wakili Ciamis di O2SN Provinsi

Berita Ciamis (Djavatoday.com), Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis menjadi juara 1 O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional) cabang bulutangkis...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya