Minggu, September 8, 2024

Kolam Renang Tirtawinaya Ciamis Akan Jadi Tempat Wisata Terintegrasi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis akan melakukan penataan untuk kolam renang Tirtawinaya. Kolam renang legendaris milik Pemkab ini akan dijadikan tempat wisata terintegrasi. Dengan memadukan antara prestasi, rekreasi dan pemberdayaan.

Kondisi Kolam Tirtawinaya saat ini cukup memprihatinkan.  Sempat merasakan masa kejayaan pada tahun 90an dan terkenal di kalangan lapisan masyarakat Ciamis, kini kolam tersebut seperti dilupakan.

Karena sepi, Kolam Renang Tirtawinaya Ciamis tidak hidup ataupun tidak mati. Sehingga beberapa fasilitas kolam pun tak sedikit yang terbengkalai. Dengan banyaknya obyek wisata buatan yang lebih modern, membuat Tirtawinaya semakin sulit bersaing.

Prihatin akan hal itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyatakan akan kembali melakukan penataan kolam renang tersebut. Pemkab Ciamis merencanakan untuk menjadikannya sebagai tempat wisata terintegrasi.

“Kolam renang Tirtawinaya ini akan dijadikan tempat wisata terintegrasi, mulai dari wisata prestasi, disini akan dibangun kolam berstandar nasional. Kolam renang rekreasi dan kolam edukasi dan pemberdayaan terutama untuk perikanan, seperti ikan koi,” ujar Herdiat ketika menebar 4.000 benih ikan Koi untuk pengembangan pariwisata berbasis perikanan di lokasi tersebut, Jumat (13/11/2020).

Rencanannya, pembangunan bisa digelar pada tahun 2021 atau tahun 2022. Pemkab Ciamis saat ini telah menbuat membuat detail engineering design (DED) wisata terintegrasi tersebut.  Selain itu juga ada penambahan lahan 2 hektar untuk mewujudkan tempat wisata terintegrasi tersebut.

Sementara itu, 4.000 benih ikan koi ini hibah dari Pembudidaya Perikanan Ciamis (PPC). Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengapreasiasi langkah PPC dalam mendukung pengembangan wisata di Ciamis.

“Insyalloh benih ikan di Kolam Renang Tirtawinaya ini akan kami jaga dan rawat sampai tumbuh besar dan bisa berdaya untuk masyarakat,” ucapnya. (CN/Djavatoday)

Pesona Keindahan Waduk Leuwikeris di Obyek Wisata Karang Hantu Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah Bendungan Leuwikeris diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Kabupaten Ciamis kini memiliki destinasi wisata baru. Pesona keindahan waduk Leuwikeris pun bisa...

Vokalis Band Repvblik Kecelakaan Tunggal saat Kendarai Moge di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ruri vokalis band Republik mengalami kecelakaan tunggal saat mengendarai motor gede (moge) di Jalan Nasional, tepatnya Dusun Kidul, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten...

Dedi Mulyadi Punya Program Bale Warga, Ini Fungsinya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bakal calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi silaturahmi dengan sejumlah kepala desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Ciamis. Silaturahmi itu dilaksanakan...

Kincir Air Jadi Andalan Warga Kertaharja Ciamis saat Kemarau Atasi Kekeringan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Petani di Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, memanfaatkan kincir air dari aliran Sungai Cisepet yang dibuat secara gotong royong untuk...
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas

Terpopuler

Lainnya