Kamis, Mei 16, 2024

Tebing Panenjoan Sukabumi, Sajikan Panorama Alam yang Menakjubkan

Tebing Panenjoan Sukabumi atau Bukit Panenjoan merupakan pintu masuk untuk menyaksikan keindahan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu. Seluruh keindahan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu bisa kamu saksikan di sini. Maka tak heran jika tempat ini juga di sebut sebagai Mega Amphitheater.

Panenjoan sendiri memiliki arti ‘tempat untuk melihat’. Di bukit ini, kamu bisa melihat panorama keindahan alam yang telah Tuhan ciptakan. Tebing Panenjoan berada di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu, yakni di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Geopark Ciletuh Sukabumi Pelabuhan Ratu memiliki banyak pilihan objek wisata, mulai dari Pantai Ujung Genteng, Curug Cimarinjung, Curug Sodong, Curug Awang, dan yang lainnya.

Geopark merupakan akronim dari Geological Park yang artinya Taman Geologi atau Taman Bumi. Masyarakat yang tinggal di area setempat juga di ajak untuk melindungi dan meningkatkan fungsi dari kawasan tersebut.

Keberadaan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu sudah diakui oleh UNESCO dan merupakan bagian dari Geopark dunia. Maka tak heran jika banyak pengunjung yang datang kesini untuk menikmati keindahan alam Sukabumi.

Baca juga : Wanawisata Polowono Batang, Kulineran di Alam Terbuka

Pesona Keindahan Tebing Panenjoan Sukabumi

Banyak orang berpendapat, belum lengkap rasanya jika pergi ke Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu tanpa mengunjungi Tebing Panenjoan. Karena di bukit ini, kamu bisa melihat seluruh keindahan alam yang ada di Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu.

Tebing Panenjoan buka setiap hari selama 24 jam. Tiket masuknya gratis, kamu hanya perlu membayar biaya untuk parkir kendaraan sebesar Rp. 3000 untuk motor, dan Rp. 5.000 untuk mobil. Fasilitas yang ada di sini antara lain, area parkir kendaraan, toilet, mushola, spot foto dan penginapan atau villa.

Disini juga terdapat sebuah gardu pandang sederhana yang biasa digunakan untuk menikmati keindahan alam yang tersaji. Mulai dari hijaunya perbukitan, air terjun, air laut, area persawahan hingga rumah penduduk dari ketinggian sekitar 250 mdpl.

Spot inilah yang juga bisa di sebut mega amphitheater yang menyajikan panorama alam yang menakjubkan. Bagi kamu yang gemar selfie, beberapa spot foto instagramable juga sudah di sediakan oleh pihak pengelola.

Jika ingin bermalam di sekitar area Tebing Panenjoan, kamu bisa memilih untuk menginap di villa yang terletak tidak jauh dari kawasan ini. (Willy/Djavatoday)

Curug Dayang Sumbi Subang: HTM hingga Alamat

Curug Dayang Sumbi Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang masih hidden gems di daerah Ciater. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun yang...

Paralayang Bukit Sempu, Spot Ngecamp dan Berburu City Lights!

Paralayang Bukit Sempu merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus spot camping yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan. Akhir-akhir ini, viral di media sosial yang menampilkan...

Nikmati Keseruannya! Ini Dia Tempat Wisata yang Memiliki Wahana Rainbow Slide

Wahana rainbow slide menjadi salah satu wahana populer dengan keseruan yang menjanjikan. Rainbow slide atau perosotan pelangi mungkin sudah tidak asing lagi kedengarannya. Wahana...

Curug Cikurutug Cianjur, Spot Healing Baru Bak Lukisan

Curug Cikurutug Cianjur merupakan sebuah objek wisata alam baru berupa air terjun dengan pemandangan yang menawan bak sebuah lukisan. Objek wisata yang dulunya terbengkalai...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya