Jumat, Mei 17, 2024

5 Rumah Kampung Adat Kuta Kebakaran, Ludes Rata dengan Tanah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 5 rumah Kampung Kuta, Dusun Kuta, Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kebakaran, Senin (11/7/2022). Semua rumah rata dengan tanah. Mengingat bangunan rumah hampir semua terbuat dari kayu dan atap ijuk.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran ini. Semua penghuni rumah berhasil selamat. Sedangkan untuk kerugian akibat kebakaran ini masih dalam penghitungan.

Kepala Dusun Kuta Didi Sardi mengatakan kejadian tersebut bermula ketika warga sudah melihat api sudah terlihat pada atap sebuah rumah. Rumah itu milik Warsim, yang merupakan Ketua Kampung Adat Kuta.

Kemudian api semakin lama membesar dan merembet ke rumah lainnya. Setelah dua rumah terbakar, kemudian percikan api terbang dan mengenai atap rumah lainnya. Sehingga total yang mengalami kebakaran ada 5 rumah.

“Jadi ada dua rumah lokasinya berdekatan sehingga langsung terbakar. Sedangkan untuk 3 rumah lainnya karena percikan api yang terbawa terbang. Namun lokasinya tidak jauh sehingga ikut terbakar,” ungkapnya.

Pihaknya kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Damkar. Mobil damkar yang datang memerlukan waktu untuk menuju lokasi mengingat cukup jauh. Rumah panggung yang terbuat dari kayu beratap ijuk itu kini sudah hangus rata dengan tanah.

“Pemadam kebakaran sudah datang, sekarang sedang melakukan pemadaman dan pendinginan . Hanya saja rumah memah sudah habis rata dengan tanah,” ucap Kepala Dusun Kuta.

Didi menegaskan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Semua warga pemilik rumah sudah dievakuasi ke tempat aman. Semua pemilik mmengungsi sementara ke rumah kerabatnya.

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Menurut Didi, pemilik rumah saat ini belum bisa dimintai keterangan. Mereka mengalami syok setelah rumahnya habis terbakar. Sedangkan untuk barang berharga isi rumah hanya sebagian yang berhasil terselamatkan.

“Pemilik rumah belum bisa dikonfirmasi, masih syok. Jadi belum kita tanya,” ungkapnya.

Penanganan selanjutnya Kepala Dusun sudah melaporkan kejadian ini ke Pemerintah Desa Karangpaningal. Selanjutnya akan kami teruskan ke Kecamatan dan Pemkab Ciamis. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai Wakili Ciamis di O2SN Provinsi

Berita Ciamis (Djavatoday.com), Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis menjadi juara 1 O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional) cabang bulutangkis...

Herdiat Sunarya Kembali Jadi Ketua PBVSI Ciamis, Prioritaskan Pembinaan Atlet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herdiat Sunarya terpilih kembali sebagai Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Ciamis masa bakti 2024-2028. Herdiat terpilih secara aklamasi melalui...

11 Desa di Kecamatan Panawangan Ciamis Berstatus Mandiri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, meningkat. Dari 18 desa, sebanyak 11 desa sudah berstatus mandiri. Sedangkan...

Raih Hasil Imbang Atas Persip Pekalongan 3-3, PSGC Ciamis Lolos ke 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - PSGC Ciamis lolos ke babak 16 besar Liga 3 Nasional. Dalam laga terakhir di grup 3, PSGC Ciamis berhasil mengimbangi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya