Senin, April 29, 2024

Tips Fokus Membaca Buku dengan Asyik 

Tips fokus membaca buku merupakan sebuah trik khusus untuk meningkatkan konsentrasi saat membaca agar dapat menangkap makna di dalamnya. Terkadang, seseorang memang membaca, tetapi kalimat-kalimat yang ia baca tidak bisa masuk ke dalam otak. Alhasil, makna dari buku yang ia baca tidak tersampaikan dengan baik. Inilah yang juga menjadi masalah saat seseorang mempelajari sesuatu yang mengharuskan ia membaca buku terlebih dahulu. 

Di sisi lain, selalu ada saja lho orang yang asyik membaca buku hingga berjam-jam dengan perubahan ekspresi wajah yang dinamis. Seolah orang itu benar-benar ‘menyelam’ dalam dunia buku yang ia baca tersebut. Hm, mengapa bisa begitu ya? Ternyata, ada tipsnya lho agar kita bisa asyik membaca buku dalam jangka waktu yang lama tanpa kehilangan fokus sedikitpun.

Tips Fokus Membaca Buku, Simak!

Untuk kalian yang masih sering merasa kesulitan untuk konsentrasi membaca buku, simak tips fokus membaca buku berikut ini!

Baca Juga: Rekomendasi Buku Kesehatan Mental, Cocok untuk Self Improvement

Cari Lingkungan yang Nyaman dan Tenang

Tips fokus membaca buku yang pertama adalah dengan mencari tempat yang nyaman dan tenang untuk membaca buku. Akan lebih baik jika Sobat Djava mencoba membaca di suasana yang baru agar tidak membosankan. Misalnya di perpustakaan, cafe yang cozy, balkon rumah, taman yang asri, atau di tempat staycation yang menenangkan. Suasana yang nyaman akan membuat pikiranmu penuh dengan aura positif dan otak lebih siap menerima dan mengolah informasi dari buku.

Pilih Bacaan yang Sesuai dengan Kebutuhan

Bagi para pemula, membaca buku dengan topik berat adalah kesalahan yang fatal. Cobalah untuk membaca buku dengan topik yang kamu sukai agar lebih fokus dan bisa menciptakan antusiasme dalam diri. Kamu bisa mulai dari topik yang ringan-ringan dulu, Sobat Djava.

Tips fokus membaca buku dengan memilih bacaan yang sesuai kebutuhan dan kesukaan itu penting, lho. Jika kita tidak menyukai buku tersebut, bagaimana bisa kita menikmati dan menyelami isinya? Kamu pasti akan tertekan saat membacanya dan gagal fokus.

Gunakan Teknik Pomodoro untuk Meningkatkan Fokus Saat Belajar

Meningkatkan fokus saat belajar memang bukan hal mudah bagi kebanyakan orang. Sebagai seorang siswa, belajar merupakan kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Bisa belajar dengan...

5 Rekomendasi Tema Buku Tahunan yang Unik dan Antimainstream

Rekomendasi tema buku tahunan kali ini bisa kamu jadikan sebagai referensi, loh. Setiap angkatan yang akan lulus biasanya mempunyai buku tahunan sebagai kenang-kenangan. Melihat...

Rekomendasi Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Gemar Membaca

Rekomendasi jurusan kuliah ini cocok banget buat kamu yang suka sekali membaca! Eits, jangan salah! Membaca bukan semata-mata keisengan yang nggak terlalu penting untuk...

Penerapan Model KWL dalam Pembelajaran Membaca Teks Narrative

Artikel ini berisi tentang Penerapan Model KWL dalam Pembelajaran Membaca Teks Narrative di SMP. Sebelum lebih lanjut membahas tentang penerapan Model KWL dalam pembelajaran...

Terpopuler

Lainnya