Minggu, Mei 19, 2024

Melihat Fosil Purbakala Koleksi Museum Tambaksari Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Melihat fosil purbakala ternyata tidak perlu jauh-jauh ke luar daerah. Ternyata di Ciamis juga ada. Koleksi berbagai fosil purbakala berupa hewan purba dan peninggalan manusia purba tersimpan di Museum Tambaksari dan SMPN 1 Tambaksari.

Dalam momen Hari Jadi Ciamis, koleksi fosil tersebut sempat dihadirkan di pusat perkotaan Alun-alun Ciamis. Dalam Pameran Kebudayaan dan Fosil Tambaksari selama beberapa hari.

Konon, penemuan fosil Tambaksari ini lebih tua dari fosil Sangiran, Jawa Tengah. Fosil yang ditemukan di Tambaksari mulai dari fosil hewan seperti gajah, rusa, kuda Nil. Ada juga fosil pohon dan artefak berupa kapak batu.

Menurut informasi dari Museum Tambaksari, Kehidupan manusia dan budaya purba di kawasan Tambaksari, baru mulai terungkap tahun 1920 oleh J. van Houten dengan ditemukannya fosil vertebrata yang dilanjutkan dengan penelitian oleh van Es pada 1931, von Koenigswald pada 1934, dan Hetzel pada 1935.

“Ini merupakan fosil koleksi dari Museum Tambaksari, SMPN 1 Tambaksari dan ada juga dari masyarakat. Jenisnya mulai dari fosil hewan, tumbuhan dan artefak seperti kapak batu,” ujar Eman Sulaeman, Guru Sejarah SMPN 1 Tambaksari di lokasi pameran, Minggu (12/6/2022).

Eman mengaku bersyukur fosil ini bisa dihadirkan dalam pameran di Alun-alun Ciamis. Mengingat selama ini fosil ini belum terlalu dikenal jelas masyarakat Ciamis. Hal ini tentunya bisa menjadi sebuah potensi pariwisata.

“Kalau ini (koleksi fosil) diangkat oleh pemerintah daerah tentunya menjadi pengetahuan bagi masyarakat, juga untuk media pembelajaran bagi siswa,” ucapnya.

Eman pun berharap pemerintah lebih memberikan perhatian, terutama dalam budaya dan perawatan fosil ini. Saat ini fosil purbakala ini disimpan di Museum Tambaksari dan di etalase ruang pembelajaran sekolah SMPN 1 Tambaksari.

“Jadi peninggalan purba tidak di Sangiran saja, tapi di Ciamis juga ada tidak perlu jauh-jauh. Bahkan ini lebih tua,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Jelang Pilkada 2024, Aktivis Ciamis Dorong Bawaslu Pilih Anggota Panwascam yang Berkualitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aktivis Peduli Ciamis Eka Muntaha mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis memilih anggota Panwascam yang berkualitas. Tidak boleh ada peserta yang...

Bangunan Laboratorium IPA SMP di Pamarican Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap bangunan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, ambruk. Peristiwa itu terjadi ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat...

Ini Lawan PSGC Ciamis di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSSI telah melakukan drawing atau pembagian grup babak 16 besar Liga 3 Nasional. PSGC Ciamis masuk dalam grup 2 bersama Persiku...

KPU Ciamis Lantik 135 PPK untuk Pilkada 2024, Sebanyak 70 Persen Wajah Lama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis melantik 235 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas untuk Pilkada 2024. Pelantikan dilaksanakan di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya