Senin, April 29, 2024

5 Cara Menghilangkan Infeksi Jamur pada Kucing

Apakah kucing peliharaanmu saat ini sering menggaruk-garuk telinga, bulunya rontok dan kulitnya menjadi bersisik? Kondisi tersebut menandakan bahwa kucingmu mengalami infeksi jamur. Infeksi jamur pada kucing tergolong penyakit menular.

Kebanyakan kucing biasa mengalami infeksi jamur, terutama pada anak kucing dan kucing berbulu panjang. Berikut cara meghilangkan infeksi jamur pada kucing, antara lain :

Baca juga : 5 Cara Cek Kondisi Rumah Agar Tetap Aman Saat Musim Hujan

Memisahkan kucing dengan kucing lain

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memisahkan kucing yang terkena infeksi jamur di kandang khusus agar tidak berinteraksi dengan kucing lain maupun manusia. Jangan biarkan kucing tersebut berkeliaran, karena spora jamur bisa menginfeksi biasa saja.

Setelah itu, kamu bisa membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan.

Mencukur bulu kucing

Sebelum membawanya ke dokter, kamu juga bisa mencukur bulu kucing terlebih dahulu. Hal ini bermaksud untuk meminimalkan kerontokan bulu dan penyebaran spora jamur.

Saat mencukur, pastikan kamu menggunakan sarung tangan agar spora jamur tidak menempel pada kulit.

Menggunakan sampo khusus

Kamu bisa memandikan kucing dengan sampo khusus. Sampo anti jamur umumnya mengandung mikonazol dan klorheksidin yang berfungsi untuk menghilangkan spora jamur di kulit, kuku dan juga bulu kucing.

Jangan lupa untuk memakai sarung tangan saat memandikan kucing. Kamu bisa memandikan kucing dengan sampo anti jamur dua kali dalam seminggu.

mengoleskan salep

Salep topical mampu menghilangkan jamur di area kecil infeksi. Untuk itu penggunaannya lebih efektif jika digunakan bersama sampo anti jamur.  

Salep topikal berfungsi untuk mencegah penyebaran spora jamur ke area lainnya sekaligus membantu menghilangkan kerak dan kulit bersisik. Namun penggunaan salep ini harus dikonsultasikan dahulu pada dokter, karena kucing bisa saja menjilat salep tersebut ketika ia menjilat bagian tubuhnya.

Membersihkan rumah

Langkah terakhir adalah dengan membersihkan rumah secara menyeluruh. Spora jamur bisa mencemari lingkungan rumah karena bisa hidup selama 18 bulan. Oleh karena itu kamu perlu membersihkan rumah dari bulu atau sisa garukan kulit kucing.

Pembersihan bisa dilakukan dengan menggunakan larutan pemutih yang diencerkan. Semprotkan larutan pemutih ke area rumah yang sering didatangi kucing. (Willy/Djavatoday)

Macam-macam Olahraga Ringan yang Bisa dilakukan di Rumah

Macam-macam olahraga ringan ini bisa dilakukan meski tanpa alat dan di rumah saja. Olahraga merupakan kegiatan jasmani yang tidak boleh diabaikan guna menjaga kesehatan...

Jangan dibuang! Ini Dia 5 Manfaat Ampas Kopi yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat ampas kopi membawa pengaruh baik dalam kehidupan sehari-hari. Biji kopi yang melewati proses sangrai dan dihaluskan menjadi bubuk ini acap kali dikonsumsi oleh...

5 Tips Mengecilkan Betis dengan Mudah dan Cepat

Tips mengecilkan betis bisa berguna bagi siapapun, baik itu pria maupun wanita. Betis merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu mendapatkan latihan yang benar....

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Terpopuler

Lainnya