Minggu, September 8, 2024

Melintasi Ciamis, Yonif 754 Ikuti Klasifikasi Latihan Pasukan Raider

Ciamis (Djavatoday.com),- Batalyon Infantri ( Yonif ) 754 mengikuti latihan pembentukan pasukan dari pasukan infantri reguler untuk menjadi pasukan Raider.

Wadan Pussenif Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin menuturkan pembentukan pasukan Batalyon Infantri reguler ke Batalyon Infantri Raider adalah program satuan atas dalam meningkatkan kemampuan prajurit TNI Angkatan Darat.

“Baru sekarang ini pembentukan pasukan Raider oleh  Pussenif atau pusat kesenjataan infantri reguler,” ujar Achmad saat di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (14/10/2020).

Daniel menuturkan dalam pelatihan pasukan tersebut para prajurit mendapat pelatihan khusus berkualifikasi Raid.

“Prajurit dilatih untuk menghancurkan musuh dalam waktu yang singkat, cepat, senyap dan tepat,” ungkap Achmad.

Daniel mejelaskan selain melumpuhkan target musuh dalam waktu cepat, dalam pelatihan juga  pasukan Raider harus bisa menguasai berbagai kondisi medan pertempuran.

Salah satu daerah yang dilalui adalah Kabupaten Ciamis. Ada beberapa tantangan saat melaksanakan latihan Ciamis. Ketika dalam  perjalanan menuju Cilacap dari awal keberangkatan di Bandung.

“Para siswa Raider ini pun harus mencari cara bisa menyusup ke wilayah musuh melalui rawa, sungai dan laut,” ungkapnya.

Setelah selesai menjalani pelatihan ini pasukan Raider personil Yonif 754 kemudian akan dilantik menjadi Batalyon Raider. Terakhir para prajurit pun menjalani pelatihan di Pantai Cilacap Jateng sampai selesai.

Dalam pelatihan saat Pandemi COVID-19, seluruh  prajurit sebelumnya mengikuti tes medis serta  protokol kesehatan ketat dalam aplikasi tekhnis pelatihan.

“Protokol Kesehatan pun dilaksanakan. Sehingga para siswa raider dalam kondisi sehat. Sekaligus satu komunitas ini aman dan tidak terkontaminasi oleh virus,” ungkapnya. (AY/Djavatoday)

Pesona Keindahan Waduk Leuwikeris di Obyek Wisata Karang Hantu Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah Bendungan Leuwikeris diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Kabupaten Ciamis kini memiliki destinasi wisata baru. Pesona keindahan waduk Leuwikeris pun bisa...

Vokalis Band Repvblik Kecelakaan Tunggal saat Kendarai Moge di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ruri vokalis band Republik mengalami kecelakaan tunggal saat mengendarai motor gede (moge) di Jalan Nasional, tepatnya Dusun Kidul, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten...

Dedi Mulyadi Punya Program Bale Warga, Ini Fungsinya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bakal calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi silaturahmi dengan sejumlah kepala desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Ciamis. Silaturahmi itu dilaksanakan...

Kincir Air Jadi Andalan Warga Kertaharja Ciamis saat Kemarau Atasi Kekeringan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Petani di Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, memanfaatkan kincir air dari aliran Sungai Cisepet yang dibuat secara gotong royong untuk...
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas

Terpopuler

Lainnya