Minggu, Mei 19, 2024

Pemkab Ciamis-Universitas Telkom Kolaborasi Bangun Pengelolaan Sampah Digital

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis dan Universitas Telkom kolaborasi wujudkan pengelolaan sampah berbasis digital.

Untuk langkah awal, Universitas Telkom melaksanakan pengabdian masyarakat lewat program Kemendikbud. Dan menyerahkan 7 smart drop box atau kotak sampah pintar.

Kotak sampah pintar ini punya sensor sehingga datar membaca saat membuang sampah botol plastik. Penggunaannya memakai aplikasi pada ponsel pintar.

“Kolaborasi ini ingin agar pengelolaan sampah di Kabupaten Ciamis berbasis digital Ini merupakan tahap awal, pada saat momen world cleanup day ada smart drop box yang kami peroleh dan sekarang terus bertambah,” ujar Kepala DPRKPLH Ciamis Taufik Gumelar, Selasa (21/12/2021).

Taufik menjelaskan nantinya setiap TPS kota dan perwakilan Bank sampah di 27 kecamatan dapat memonitor titik pantau sampah berbasis aplikasi. Mengetahui pengelolaan sampah.

Kemudian memantau pengelolaan sampah pada masyarakat berjalan baik atau tidak. Sampai dengan memantau pegerakan kru pengangkut sampah lewat ponsel pintar.

“Semoga kolaborasi ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” jelasnya.

Sementara itu, Dosen Universitas Telkom Putra Fajar Alam menuturkan saat ini tengah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat Ciamis dalam pengelolaan sampah. Sehingga dapat mewujudkan pengelolaan sampah berbasis digital.

“Melakukan pendampingan ke bank sampah unit Ciamis. Ada bantuan unit smart drop box. Kegiatannya dalam bentuk pelatihan dan pendampingan jarak jauh,” jelasnya.

Putra menjelaskan terpilihnya Kabupaten Ciamis karena rekomendasi dari Lingkungan Hidup Provinsi Jabar. Begitu juga Pemkab Ciamis menyambut baik program Universitas Telkom. (Ayu/CN/Djavatoday)

Jelang Pilkada 2024, Aktivis Ciamis Dorong Bawaslu Pilih Anggota Panwascam yang Berkualitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aktivis Peduli Ciamis Eka Muntaha mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis memilih anggota Panwascam yang berkualitas. Tidak boleh ada peserta yang...

Bangunan Laboratorium IPA SMP di Pamarican Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap bangunan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, ambruk. Peristiwa itu terjadi ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat...

Ini Lawan PSGC Ciamis di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSSI telah melakukan drawing atau pembagian grup babak 16 besar Liga 3 Nasional. PSGC Ciamis masuk dalam grup 2 bersama Persiku...

KPU Ciamis Lantik 135 PPK untuk Pilkada 2024, Sebanyak 70 Persen Wajah Lama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis melantik 235 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas untuk Pilkada 2024. Pelantikan dilaksanakan di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya