Rabu, Mei 8, 2024

Manfaat Mendaki Gunung Bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Manfaat mendaki gunung ternyata tak hanya untuk mencari ketenangan atau menghabiskan waktu liburan. Lebih dari itu, hiking atau mendaki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ketika hiking, semua anggota tubuh bergerak dan berusaha tetap kuat hingga menapak di puncak. 

Dalam proses pendakian ini juga beberapa anggota tubuh harus bekerja lebih keras dari biasanya. Bisa dibilang, hiking ke puncak gunung adalah olahraga yang paling menyenangkan. Suasananya yang sejuk dan keseruan bersama teman di perjalanan menjadi salah satu contohnya. 

Manfaat Mendaki Gunung untuk Kesehatan

Selain menyenangkan bisa melihat pesona alam dari ketinggian, mendaki juga memengaruhi kesehatan. Lalu, apa saja manfaat mendaki gunung bagi kesehatan? Simak penjelasan selengkapnya pada uraian berikut ini.

Tingkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat mendaki gunung yang pertama adalah mampu meningkatkan kepadatan tulang. Berjalan kaki menyusuri jalan menuju puncak bisa memperlambat masa tulang kehilangan kalsiumnya. Dengan begitu, tulang bisa senantiasa terjaga kepadatannya, bahkan bisa meningkat dan jaringan di dalamnya pun makin kuat. Kepadatan tulang yang tinggi berguna untuk mengurangi risiko pengeroposan tulang dan mencegah patah tulang.

Menghilangkan Stres pada Tubuh

Stres merupakan sebuah gangguan mental dan emosional yang disebabkan faktor luar, seperti ketegangan. Jika kamu merasa penat berlebihan, otak bisa mengalami stres dan membuat tubuh menjadi lemah. Salah satu cara menghilangkan stres dan kepenatan adalah dengan mendaki.

Manfaat mendaki gunung ini bisa kita rasakan karena tubuh bergerak hingga berkeringat yang pada akhirnya membuat tubuh lebih rileks. Keseruan mendaki bersama teman karib dan para pendaki lain sembari bercengkerama dan bertukar cerita juga membantu menghilangkan stres. Apalagi pemandangan hijau yang menenangkan dipadukan dengan birunya langit yang memayungi makin merilekskan tubuh dan memicu hormon dopamine. 

Tawangmangu Wonder Park, Taman Rekreasi Bertema Wonderland

Tawangmangu Wonder Park merupakan sebuah objek wisata berupa taman rekreasi dengan tema wonderland, outbound, dan camping. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan alam di lereng...

Rubina Waterpark Subang: Informasi HTM hingga Alamat

Rubina Waterpark Subang merupakan sebuah objek wisata berupa taman air yang siap membuat liburanmu makin seru. Objek wisata ini menawarkan sensasi berenang dengan suasana...

Curug Pemandian Tuan, Cocok untuk yang Tak Suka Keramaian!

Curug Pemandian Tuan merupakan salah satu objek wisata berupa air terjun yang tersembunyi di Kabupaten Subang. Padahal lokasinya dekat dengan Curug Sadim dan Curug...

Ngargoyoso Waterfall Karanganyar, Wisata Baru dari Lawu Group

Ngargoyoso Waterfall Karanganyar merupakan sebuah objek wisata baru dari Lawu Group yang menyajikan keindahan air terjun. Lawu Group adalah sebuah perusahaan yang menaungi objek...

Terpopuler

Lainnya