Selasa, Juni 25, 2024

Wisata Cireong Suguhkan Keasrian Alam Ciamis

Wana Wisata Cireong Park kini menjadi salahsatu opsi tujuan rekreasi warga Ciamis. Panorama alam dan udara sejuk menjadi faktor penarik pengunjung untuk merefresh diri dari penat kerja.

Berlokasi di Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis bisa ditempuh sekitar 25 menit dari pusat kota Ciamis. Tidak terlalu jauh dari jalur jalan raya Ciamis – Tasik.

Fasilitas Wisata Terus Dikembangkan

Cireong Park merupakan wisata air yang menyajikan aliran air sungai yang asri. Dari tahun ke tahun wisata ini terus ditata dan dikembangakan. Dari hanya pemandian sungai sekarang terdapat dua kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, tentunya semakin menarik minat pengunjung.

Fasilitas di Cireong pun tak kalah hebat dengan wana wisata lainnya fasilitas di Cireong dinilai Cukup lengkap. Diantaranya tersedia lahan parkir, mushola, ruang ganti/bilas dan tersedia warung wisata.

Selain berenang pengunjung juga bisa bernyanyi dan berfotoria di wana wisata Cireong. Terdapat fasilitas penunjang tempat karaoke dan area Selfi.

Baca Juga : Puncak Pasir Dalem Jaksa Ciharalang, Wisata Baru di Ciamis

Pengelolaan Melibatkan Masyarkat Setempat

Gerbang masuk

Pengelola wana Wisata Cireong Kris mengatakan, fasilitas merupakan prioritas yang diutamakan disini untuk menarik minat pengunjung.

“Disini lebih mengutamakan kenyamanan pengunjung dengan cara memperbanyak fasilitas. Tentunya pengunjung akan semakin nyaman dengan banyaknya fasilitas,” ujar Kris, Jumat (20/11/2020)

Kris mengungkapkan, system pengelolaan wisata ini dikelola secara pribadi dan bekerjasama dengan masyarakat sekitar.

“Untuk tanahnya milik pribadi dari orang sini, sedangkan untuk bangunannya saya yang bangun dan kembangkan. Saya juga bekerja sama dengan penduduk sekitar untuk mengembangkan tempat wisata ini,” jelasnya.

Berwisata Dengan Biaya Murah Meriah

Kris menuturkan, tiket masuk dan lahan parkir yang terdapat di pintu masuk dikelola oleh masyarakat sekitar. Sedangkan tiket berenang, WiFi, karaoke, kuliner dan fasilitas lainnya dikelola oleh pribadi.

“Di gerbang masuk ada pos milik masyarakat sekitar, kalau udah masuk ke dalam sekedar melihat atau fotomah ga bayar. Kecuali kalau mau berenang atau makan,” tambahnya.

Untuk tiket masuk wana wisata Cireong, hanya perlu membayar Rp 5 ribu Rupiah. Sedangkan untuk mencoba wahana air sungai dan kolam renang Wisatawan harus mengeluarkan biaya Rp 5 ribu. Untuk pemandian sungai Rp 10 ribu, tiket parkir wana wisata Cireong untuk mobil Rp 5 ribu, Motor Rp 2 ribu. Adapun tarif Fasilitas penunjang seperti WiFi Rp 5 ribu, perjam sedangkan karaoke Rp 5 ribu per satu lagu.

Management Fasilitasi Protokol Kesehatan

Pengelola Menyediakan Tempat Cuci Tangan

Dimasa pendemi Covid 19 protokol kesehatan merupakan hal yang harus diperhatikan di tempat Wisata. Penerapan prokes 3M diberlakukan demi membantu pemerintah mencegah penyebaran pandemi Covid 19.

“Di depan pintu masuk tersedia tempat cuci tangan, di depan pintu masuk kolam renang juga kami juga ada. Selain harus memakai masker para wisatawan juga kami cek terlebih dahulu suhu tubuhnya sebelum masuk ke sini,” tutur Kris.

Salah satu pengunjung Imam mengaku, Wisata Cireong sangat berkembang pesat dan banyak mengalami perubahan dari segi wahana dan fasilitas.

“Tahun 2017 lalu saya kesini itu cuma ada pemandian air sungai doang bayarnya juga masih Rp 2 ribu. Fasilitasnya juga belum lengkap seperti sekarang, ga nyangka sih bisa berkembang sampai seperti ini,” paparnya. (Mang Moh/Djavatoday)

5 Tempat Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Bikin Badan Jadi Rileks

Pemandian air panas kian diminati oleh para wisatawan. Tempat yang menjadi sasaran untuk refreshing ini tidak hanya menawarkan suasana yang nyaman, tapi juga memiliki...

Awi Langit Campsite Ciwidey, Bisa Camping Tepi Curug!

Awi Langit Campsite Ciwidey merupakan sebuah bumi perkemahan yang lokasinya tepat berada di tengah hutan yang rimbun. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam menggunakan tenda...

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya