spot_img
Selasa, November 29, 2022
spot_img

Waduk Sermo Kulon Progo, HTM, Fasilitas, hingga Lokasi

Waduk Sermo Kulon Progo merupakan sebuah objek wisata yang menyuguhkan keindahan danau buatan yang memesona.  Tempat ini bisa menjadi referensi liburan bagi kalian yang ingin healing dengan biaya yang terjangkau. Meskipun harga tiketnya murah, pesona waduk ini enggak murahan, lho! Sobat Djava akan menyaksikan eksotisnya danau dengan gugusan pegunungan yang mengelilinginya.

Semilir angin yang membawa udara sejuk juga akan memanjakan wisatawan, membuatnya ingin bersantai lebih lama. Tak hanya bisa menikmati keindahannya saja, di sini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru untuk membuat liburanmu lebih berwarna. Apalagi jika melakukannya bersama teman atau keluarga.

Baca Juga: Waduk Darma Kuningan dengan Pesona Danau yang Dikelilingi Perbukitan

Tertarik berkunjung ke Waduk Sermo Kulon Progo? Simak informasi selengkapnya dalam artikel ini sebelum berkunjung, ya!

Pesona Waduk Sermo Kulon Progo

Waduk yang juga berfungsi sebagai irigasi ini memiliki pesona pariwisata yang memiliki nilai jual. Kejernihan airnya yang terkadang bisa memantulkan birunya langit dan hijaunya pepohonan di sekelilingnya menjadi pemandangan yang menarik. Luasnya waduk dan daratan hijaunya juga mendukung berbagai aktivitas wisatawan di tepi waduk. Membuat wisatawan betah menghabiskan waktu  dengan kesan yang seru.

Lanskap Waduk Sermo Kulon Progo makin eksotis dengan adanya perbukitan hijau dan pegunungan yang mengelilingi. Saat matahari terbit ataupun senja mulai menyapa, keeksotisannya meningkat berkali-kali lipat. Suasana dan udara di sana juga menyebarkan kesejukan yang menenangkan. Cocok untuk Anda yang ingin menenangkan pikiran dan mengusir kepenatan.

Camping dan Aktivitas Seru Lainnya

Salah satu aktivitas yang sering wisatawan lakukan di tempat ini adalah berkemah di tepian waduk. Tanah lapang hijau yang luas dengan view danau yang indah tentu menjadi tempat yang pas untuk berkemah. Menyalakan api unggun, barbekyuan, sembari berbincang menikmati malam akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Selain itu, wisatawan bisa mencoba aktivitas lainnya, misalnya dengan bermain skuter listrik. Anda bisa menyewanya dengan harga Rp20.000 per tiga puluh menit untuk mengelilingi area wisata. Ingin refreshing dengan mengelilingi area waduk atau danaunya? Anda bisa menaiki wahana perahu dengan harga sewa Rp10.000 saja!

Jangan lupa abadikan momen dengan berfoto, ya! Lanskap danau dan pegunungannya bisa menjadi background foto yang instagramable. Waduk Sermo Kulon Progo bisa menjadi tempat untuk berolahraga, seperti joging, bersepeda, ataupun maraton. Anda bahkan bisa piknik bersama orang tersayang di tepi danaunya, lengkap sekali, bukan?

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Seperti yang telah kami jelaskan dalam paragraf sebelumnya bahwa objek wisata ini mematok biaya yang rendah. Menurut review pengunjung dalam aplikasi Google, tiket masuknya hanya Rp6.000 saja per orang! Jika Anda ingin berkemah di sana, cukup membayar Rp15.000 atau Rp20.000 tergantung spot yang Anda pilih.

Jam operasional objek wisata Waduk Sermo Kulon Progo adalah 24 jam setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat weekday pada musim kemarau agar pemandangannya maksimal dan airnya jernih. Weekday juga biasanya pengunjungnya tidak begitu ramai seperti saat weekend sehingga menjadi waktu yang tepat untuk berlibur. Datang saat pagi dan sore hari sangat recommended, karena Sobat Djava bisa menyaksikan syahdunya sunrise dan sunset!

Fasilitas dan Lokasi Waduk Sermo Kulon Progo

Destinasi wisata di DIY ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Melansir sikidang.com, tersedia area parkir, toilet, musala, gazebo, penyewaan tenda, wahana, spot foto, camping ground, hingga spot memancing. Warung-warung makan juga tersedia dengan rentang harga yang normal, alias tidak kemahalan.

Untuk Sobat Djava yang berminat berlibur di sini, langsung saja meluncur ke Kabupaten Kulon Progo. Tepatnya di Sremo tengah RT 63/RT 23, Sremo Tengah, Hargowilis, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653. Lokasi tersebut berjarak sekitar 35 kilometer dari Kota Yogyakarta atau sekitar 6 kilometer dari pusat kota Kulon Progo. Berhati-hatilah saat di perjalanan karena jalannya berkelok-kelok dan sebagian masih berbatu.

Waduk Sermo Kulon Progo menjadi destinasi yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Apalagi bagi Anda pencinta kemah dan alam terbuka. Pecinta fotografi baik untuk personal ataupun prewedding pun selalu berdatangan ke sini, lho. Tetaplah jaga kebersihan saat berkunjung dan jangan membuang sampah sembarangan. (Ris/Djavatoday)

Waduk Wadaslintang Wonosobo: Pesona, Lokasi, hingga Fasilitas

Waduk Wadaslintang Wonosobo akhir-akhir ini banyak menjadi perbincangan warganet karena potretnya yang menakjubkan. Pemandangan alam berupa danau buatan yang memiliki pesona perbukitan di sekelilingnya ini begitu menarik perhatian. Dokumentasi keindahan gemuruh airnya yang berbuih putih seperti awan menjadi yang paling banyak berseliweran. Membuat warganet ingin pergi ke sana untuk liburan.

Curug Nyogong Garut: Info HTM, Lokasi, dan Fasilitas

Curug Nyogong Garut merupakan satu dari sekian banyaknya wisata air terjun terindah di Swiss Van Java. Gemuruh dan derasnya aliran air membuat kita seolah...

Curug Ciparay Tasikmalaya, Daya Tarik, HTM, dan Lokasi

Curug Ciparay Tasikmalaya merupakan salah satu objek wisata yang menyuguhkan keindahan dua aliran air terjun. Itulah mengapa air terjun ini sering kali mendapat julukan 'curug kembar' dari para wisatawannya. Selain menyajikan panorama alam yang eksotis, tempat ini juga menawarkan kesejukan yang sulit Anda temui di tengah perkotaan. Membawa kedamaian dan kedekatan dengan alam.

Telaga Bedakah Wonosobo, Pesona Indah dengan HTM Murah

Telaga Bedakah Wonosobo merupakan sebuah objek wisata yang menyuguhkan keindahan danau dengan biaya yang murah meriah. Pesonanya yang tak main-main membuat tempat ini menjadi destinasi para wisatawan dari berbagai daerah. Keindahan alam Wonosobo yang menyandang julukan Kota di atas Awan ini memang tak pernah mengecewakan. Keasrian dan kesegaran udaranya selalu memberikan kenyamanan yang menenangkan.
- Advertisment -Advertisment

Terpopuler

Lainnya