Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Waduk Karangkates Malang, Wisata dengan Wahana Serba Ada!

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Waduk Karangkates Malang merupakan sebuah danau yang selain berfungsi sebagai PLTA juga berfungsi sebagai objek wisata. Danau ini begitu luas dengan air yang jernih sehingga memantulkan warna langit yang memayunginya. Potretnya makin memesona kala perbukitan menghiasi sekelilingnya dan menciptakan latar belakang yang ciamik untuk berfoto. Seperti halnya pantai, danau ini pun cocok menjadi tempat untuk melihat matahari terbit atau sunrise.

Selain itu, masih banyak hal menarik yang bisa Sobat Djava eksplorasi di objek wisata danau ini. Mulai dari berenang, memancing, menjajal wahana yang menantang, hingga kulineran sembari bersantai menikmati panorama alam. Tak heran jika tempat wisata yang murah meriah ini selalu ramai oleh wisatawan, terutama saat akhir pekan atau masa liburan tiba.

Nah, bagi Sobat Djava yang juga tertarik ingin mengetahui keindahan danau ini dan mengkesplor keseruannya, langsung saja datang ke lokasinya. Namun, sebelum berkunjung sebaiknya Anda menyimak terlebih dahulu uraian berikut ini. Kami akan memberikan informasi penting dan menarik mengenai Waduk Karangkates Malang yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Yuk, simak selengkapnya!

Sekilas tentang Waduk Karangkates Malang

Waduk atau Bendungan Karangkates ini sudah ada sejak 1977 dengan lama pembangunan sekitar 2 tahun. Presiden Soeharto lah yang meresmikan langsung bendungan ini sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang membendung Sungai Brantas. Bendungan ini masih terhubung dengan Bendungan Lahor yang membendung Sungai Lahor.

Perusahaan yang mengelola Waduk Karangkates Malang adalah perusahaan BUMN, yakni Perum Jasa Tirta 1. Awalnya, bendungan ini memang berfungsi hanya sebagai pembangkit listrik. Akan tetapi, masyarakat sekitar menyadari bahwa luasnya danau yang berhiaskan perbukitan di sekelilingnya nampak menawan. Banyak warga yang akhirnya berdatangan untuk sekadar mengambil gambar dan menikmati matahari terbenam sembari kulineran.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Objek wisata danau ini tidak mematok tarif masuk yang mahal untuk setiap wisatawannya. Anda hanya perlu membayar Rp5.000 saja per orangnya saat berkunjung pada hari biasa. Khusus untuk akhir pekan, tarifnya naik menjadi Rp7.000, sedangkan saat hari libur nasional akan menjadi Rp10.000 per orang. 

Terdapat biaya parkir kendaraan yang juga harus Anda bayar, yakni sebesar Rp2.000 sampai dengan Rp5.000 saja. Harga tiket masuk tadi belum termasuk biaya untuk wahana yang tersedia. Untuk fasilitas waterboom, Anda harus membayar Rp5.000, kemudian banana boat Rp20.000, ATV Rp20.000, dan buggy adventure Rp25.000. Waduk Karangkates Malang juga menyediakan wahana flying fox dengan tarif Rp12.500 per orang.

Kemudian untuk jam operasionalnya, objek wisata ini beroperasi setiap hari kecuali hari Rabu. Hal tersebut karena petugas akan melakukan perawatan rutin terhadap fasilitas bendungan setiap hari Rabu. Jam bukanya adalah mulai pukul 03.00 sampai dengan pukul 15.00 WIB. Harga tiket masuk dan jam operasional ini bersifat sementara sehingga dapat berubah kapan saja.

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Waduk Karangkates Malang memiliki beberapa fasilitas, terutama fasilitas hiburan yang terbagu menjadi dua kawasan. Ada taman wisata di bagian Utara dan Bendungan Lahor di Selatan. Waduk ini juga menjadi tempat banyaknya pedagang yang menjajakan kuliner yang beragam. Terdapat lintasan untuk joging, ragam wahana, spot foto, dan lain sebagainya.

Alamat waduk ini adalah Desa Karangkates, Kecamatan Sumber Pucung, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Anda dapat menjangkau lokasinya menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Gunakan Google Maps sebagai petunjuk jalan menuju lokasinya.

Daya Tarik Waduk Karangkates Malang

Waduk Karangkates Malang memiliki keindahan dengan danaunya yang luas dan perbukitan hijau yang mengelilinginya. Nuansanya begitu tenang dengan semilir angin yang menerpa, membuat hawa sejuk pun terasa. Pemandangannya akan lebih epik saat pagi hari di mana matahari terbit, cahaya jingga akan menghiasi danau dengan indah.

Wisatawan bisa menikmatinya dari tepian danau atau dari area danau dengan menggunakan perahu. Para wisatawan juga bisa memandanginya sembari menyantap kuliner lezat yang tersedia di area wisata. Kegiatan yang tak boleh Anda lewatkan adalah joging mengelilingi tepian danau atau memancing.

Bagi yang hobi berfoto, Waduk Karangkates Malang tentu menjadi tempat yang pas untuk mendapatkan banyak gambar yang ciamik. Jangan lupa untuk menjajal berbagai wahana yang tersedia, seperti flying fox, ATV, hingga berenang di waterboom dengan pemandangan danau secara langsung. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Nuansa Alam Cakra Buana, Wisata Lengkap untuk Libur Lebaran

Nuansa Alam Cakra Buana merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk berlibur keluarga saat lebaran. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang...

Terpopuler

Lainnya